Tuesday, August 12, 2008

Scarlatine

Mhhh Scarlatine, nama yg cantik tapi sayang itu adalah nama sebuah penyakit. Si centil-ku tertular penyakit ini di tempat bermainnya (day care).
Gejalanya panas tinggi selama bbrp hari, kemudian timbul bintik2 merah di seluruh tubuh dan muka kayak ini nih....Panas sejak minggu lalu sampai hari jumat, kemudian sabtu pagi timbul bintik2 merah. Alhamdulillah hari ini sudah hilang, tapi masih minum antibiotik sampai hari jumat. Apa yah namanya dalam bhs indonesia? Pak Dok Andri ato bu Dok Vina ada masukan ?
Oke deh kita siap2 mau berangkat ke savoie besok pagi. Bye....

16 comments:

Anonymous said...

wah iya nih C jg pernah demam scarlet ini, kirain tadinya campak, hehehe..syukur deh ya celia dah bae skg, tinggal abisin antibiotiknya aja

MC

Mamahoney said...

uuuch cayang cepet sembuh ya cantiik

Andri Kusuma Harmaya said...

Aku kurang familiar dg demam scarlet ini.Setelah baca2,baru tahu kalo penyebabnya kuman streptococcus dan ciri khasnya "strawberry tongue"..Untuk panas dengan ruam merah biasanya ku suspect dg morbili (campak) atau demam berdarah dengue (keduanya disebabkan virus).Jadi terapinya bersifat simptomatis,walaupun terkadang jg kuberikan antibiotik amoxicillin bila ada tanda2 infeksi bakteri.

Vina Revi said...

Sama kayak Dokter Andri, aku baru ngeh ada istilah Scarlatine. Mungkin karena Celia berobat di Paris, ya? Jadi bahasanya sedikit beda dengan di Indo.

Misalnya demam berdarah. Itu lazim dipakai di Indo. Sementara istilah yang dipakai secara international adalah Dengue Haemorrhagic Fever (DHF).

Balik lagi ke scarlatine.
Itu adalah nama lain untuk menyebut scarlet fever. Dari berbagai sumber yang aku baca, penyakit tersebut memang lazim menyerang anak-anak (usia 5-10 thn).

Gejala yang paling menonjol adalah timbulnya rash (kulit kemerahan) di sekujur tubuh (exanthema)-that's why it's called scarlatine.

lesca said...

kayak tampek ya liz? semoga sang princess cepet sembuh biar bisa nari2 lagi ya :)

hugs

Dyah said...

Scarlatine? Scarlet fever? Itu bahasa Inggrisnya. Bahasa Indonya apa yaaa?

Moga2 cepat sembuh ya.

Aql juga baru kambuh lagi niy...gejala asmanya :(

Deasy Anastasia said...

duuh cepet sembuh ya sayang,spy bisa ber centil2 ria lagi ama mama..

Raquel Brenda said...

Yah..si cantik lagi sakit ya.. cepat sembuh ya sayang... sun sayang dr Vanya.

ke2nai said...

baru aja liat aksi centil celine, eh... postingan berikutnya lagi sakit. Cepet sembuh ya sayang, biar keke & nai bisa liat centilnya celine lagi :)

Judith said...

Idem dengan Ke2nai,kemarin aku baru liat videonya celia nari2 lincah,kesian tau2 sekarang lagi sakit. semoga cepat sembuh ya Celia ..

Lis,kemarin malem anakku si bungsu juga tiba2 sekujur tubuhnya bintik2 merah gitu tapi nggak demam/panas. Takutnya sakit ini memang lagi njalar di Eropa karena akhir2 ini cuaca yang simpang siur.

Lisa sabar ya ...

Sucre Maple said...

wahh lg musim penyakit ini ya ?? untung si ceuceu dah sembuh yaa.. bisousss.. =:*

kiky f said...

cepat sembuh ya celia cantik....

elmo said...

duh..Celia moga cepet sembuh ya ^^

Irma-MamaVian said...

Iya namanya bagus banget! Gejalanya miri campak ya... syukurlah sekarang Celia dah sembuh, malah udah pergi berkibur... ga ke Wisma Duta dong 17 Agustus...

tentangkami said...

cepat sembuh yah Celia.
Biar bisa joget2 lagi :)

eliza said...

disini apa gak tau juga Liz, soalnya anak gue gak pernah kena sih. cepet baik ya Celia...