Saturday, July 18, 2009

34-35

Iyaaa mamana lupa bikin recap 34 bulan, jadi dirangkap aja deh 2 bulan.

Célia sudah lancar membuat kalimat lengkap.... tapi dalam bhs perancis:-). Kata2/kalimat2 lucu:
"Tu yang, maman" (tu viens) = sini ma
"dewo" (dehors) = di luar

F disebutnya S
"syoto" (harusnya photo) = foto
"c'est sini" (fini) = udah selesai

C (K) disebutnya P
"popine" (harusnya copine, baca kopin)

Kalo lagi eksyen ngga mau ditolong dia ngomong:
"pas toi" =jangan kamu
"c'est moi c'est moi" =saya aja, saya aja

Mixed bhs perancis n indo
+ "sudah ya?"
- "non n'a pas sudah, non n'a pas sini (fini)"

Yg ini paling nyebelin, kalo ngga mau makan sesuatu, suka bilang:
"beurk (yack)"
"c'est dégoûtant (ngga enak)"

Kalo ngomong dia pake subyek orang ke 3, contohnya:
"ma, l'a vu ça" = me, has seen that
"ma, a peu (peur)" = me, is affraid

Kalo Célia ngga mau melakukan sesuatu yg kita minta, dia coba utk ngeles bilang:
"demain!" = besok aja
Tapi giliran dia minta sesuatu (misalnya nonton tv) dan saya bilang nanti aja, dia insists: "aujourd'hui!" (hari ini)

Toilet training
Sejak udara mulai hangat, saya sudah mulai trainingin Célia utk lepas pampers. Pagi hari saya pakein celana dalam princess dan sering2 saya tawarin utk pipis di pispot. Sementara ini pipisnya ngga mau keluar kalo di pispot, maunya di lantai ha ha ha. Memang susah sih utk konsisten krn saya kan bisanya toilet training kalo wiken saja. Ini pun ngga seharian penuh krn kalo kita pergi ke luar, pasti saya pake in lagi pampersnya. Kata guru di crèche sih, dia sudah sering minta pipis di toilet kecil. Ngga tau kalo itu pipis beneran ato cuma ikut2 temen2nya. Yg jelas Célia HARUS sudah lepas pampers pas masuk sekolah nanti tgl 3 september.... Doain ya supaya Célia punya refleks utk pipis di pispot.

2 comments:

lisa said...

bisa.. bisa.. ayo Celia pasti sukses potty trained nya. mamanya kudu semangat juga dong :)

Lisa said...

Thanks Lis, iyah nih dlm bbrp minggu ini target musti tercapai