Wednesday, January 17, 2007

Célia masuk crèche

Sejak awal minggu ini, ma Célia mulai masa adaptasinya di crèche (tempat penitipan bayi). Hari pertama, kita diskusi sama Céline yg bakal jaga Célia, ttg kebiasaan2 dan ritme keseharian Célia. Hari selasa sampai kamis, Célia mulai ditaruh di ruang main selama satu jam (masih ditemani sama mamanya), bersama bayi2 yg lain (ada 12 bayi). Baru hari jumat, dicoba untuk ditinggal sendirian selama 20 menit. Minggu depan, masa ditinggalnya ditambah sedikit: 30 menit .... 1 jam ... sampai dia benar2 masuk crèche minggu ketiganya dari jam 8h-18h.
Seru juga pengalaman spent 1 jam bersama bayi2. Gile kalo lagi koor nangis, pala gue berasa mau pecah euy. Udah mana ada yg ingusnya meler tapi belum dilap sama susternya (suster cuma punya dua tangan bo!), ada yg rebutan mainan, ada yg asik sendirian. Ada 3 suster yg bekerja untuk 12 bayi tsb, jadi 1 suster jaga 4 bayi. Lagian ngga 12 12 nya ada tiap hari, contohnya Célia bakal absen hari rabu, krn mamanya mau kerja 4 hari aja. Jadi hari rabu ane yg jaga. Kasihan kalo dia musti ke crèche full tima kayak org kerja, biar lah aku yg berkorban.
Ngga terasa sebentar lagi anakku bakal aku tinggal.... ngga bakal 24/24 lagi nih....
Enaknya selama 3 minggu lebih, gue bakal santai sedikit krn Célia sudah masuk crèche, tapi ane masih belum masuk kerja. Gue kerja lagi tepatnya tgl 22/2, setelah 7 bulan absen bo! 7 bulan ngga kenal macet di pagi dan pulang kerja, 7 bulan tanpa .xls, .ppt atau .pdf, 7 bulan ngga dikejar2 proyek... aaah. Lama juga ya cuti hamil+cuti tahunan gue. Begitulah, di eropa lagi kampanye bikin anak. Para wanita pekerja dikasih kemudahan dan fasilitas untuk bisa bekerja dan punya anak. Kalo Perancis ngga regenerasi, 20 thn lagi ngga ada yg bayarin gaji para pensiunan sini. Cuti hamil untuk anak pertama dan kedua, sebetulnya "hanya" 16 minggu (6 minggu sebelum melahirkan dan 10 minggu stl nya). Gue dapet banyak (5 bulan stl melahirkan) krn Célia lahir prematur (ternyata ada berkahnya juga hi hi).
Udah ah ceritanya kepanjangan, ini nih foto gantungan bajunya Célia di crèche:

2 comments:

Anonymous said...

biasanya neng..dah balik dari long break- ke kantor lagi kaki kaya di cantolin batu kali ;-)
muaallleesssnya ampun-ampunan.

elo .ppt buat apa?? bikin presentasi???

Lisa said...

Iya buat presentasi ato buat bikin proposisi network solutions