Thursday, May 15, 2008

Wiken di London 8-11 mei 2008

central of london
Updated with the trip album!
H1
Pagi2 kita berangkat ke London naik Eurostar dari Gare du Nord. Perjalanannya memakan wkt 2 jam 20 menit termasuk melintasi selat Inggris melalui terowongan bawah laut. Di atas Eurostar si ceuceu lumayan tenang, duduk dg rapi satu bangku dg mama. Kita dapet brunch, sekalian minta panasin makanan utk si ceuceu. Kembali, dia dg cantiknya maem bareng mama. Begitu sampai di stasiun St. Pancras Intl, kita ngantri bareng2 utk beli tiket day travelcard. Kita ambil yg off-peak aja (travelling after 9.30) seharga £5.30/orang/hari. Antriannya panjang n byk turis pcis pula.
Stl itu kita menuju ke hotel The Grand at Trafalgar Square, enak deh hotelnya just off the Trafalgar Square dan deket ke monumen2 lainnya. Di kamar ada akses internet gratis. Kalo ngga bawa laptop, ada flat TV + keyboard yg bisa dipake buat browsing2 internet. Lumayan bisa ngecek2 cuaca. Terus di kamar ngga ada kulkas tapi ada ruang tamu dg shared facilities: tea/coffee maker, tv, komputer, mesin cuci, microwave, dispenser, malah disedian botol kecil juga kalo mau bawa air selama jalan2. Setelah refreshing2 sedikit, kita mulai deh jalan2nya. Cuaca cukup cerah dan panas.... panas sekali malah (23°C). Di trafalgar Square, seperti turis2 yg lain, kita berebutan foto dg singa nya yg super gede itu.... Célia demen bener, ngga berhenti2nya dia mengaum menirukan suara singa. Ada 4 singa yg ceritanya penjaga monumen Nelson di tengahnya. Di depan kita ada the National Gallery dan di sebelah kanannya ada gereja St Martin's-in-the-Fields. Owiya, kalo mau ke musium2 di London ngga dipungut bayaran, biayanya sukarela dan disediakan kotak donasi. Kalo kita cuma liat2 monumen aja, ngunjungin musiumnya nanti aja deh kalo Célia udah besaran. Di belakang kita ada Admiralty Arch yg kita lewati kalo kita menuju istana Buckingham melalui jalan The Mall. Tapi kita ngga langsung ke istana, kita ngambil jalan Whitehall Parliament St menuju ke Houses of Parliament (istana Westminster) yg ada Big Ben nya itu.
London
Taukah anda bhw Big Ben itu bukan jam gadang yg ada di menara, melainkan julukan utk lonceng besar yg ada di dalamnya. Hikayatnya diberi nama Big Ben utk menghormati Sir Benjamin Hall dan menaranya sendiri bernama menara St. Steven. Di Whitehall ini, kita melewati Horse Guards, tempat mangkal body guardnya Ratu Elizabeth II. Di sini kita bisa foto dg para guard ini, even dg kudanya. Beberapa meter kemudian di sebelah kiri ada Banqueting House dan di sebelah kanan ada jalan Downing street, namun kita ngga bisa masuk utk lihat no. 10 nya krn ditutup utk umum. Turun sedikit, sampailah kita di Houses of Parliament. Stl itu kita ngadem di taman di Westminster Abbey, sekalian kasih snacking utk Célia. Di sana, udah bergaul aja si centil dg anak2 lain :-).
Abis itu kita menuju ke St. James's Park, asri deh tamannya, byk burung dan binatang2nya. Célia excited aja tuh ngeliat bebek2 pada keluar dari danau. Dari sini kita cari pintu keluar yg dekat istana Buckingham. Kita ngga nungguin pergantian guards yg biasanya ada tiap hari jam 11.30 pagi krn refot juga bersesak2 ria dg stroller. Jadi pas kita ke sana, cuma ada 1 penjaga dan bbrp turis. Udah itu kita melintasi Green park utk ngambil tube... kaki dah nyut2an nih, lagian beli daycard tapi ngga dipake :-)
Dah itu kita ke Piccadilly circus, window2 shopping bentar sebelum balik ke hotel lagi. Malemnya kita makan di rest India di Masala Zone di Covent Garden. Servernya baik2 deh mau nerangin dg sabar satu2 arti menunya. Kita pesen Thali, saya yg regular, si suami yg super besar laper rupanya ha ha ha. Dekorasinya unik juga, ada byk boneka2 di atas kepala kita. Kita juga pesen samosa n lassi yg segar itu, even Célia dapet jatah lassi. Pulang ke hotel langsung tidurrrrr.
H2
Sarapan di sebuah kafé di the strand, sarapan pagi tradisional Inggris: telur, bacon, sosis, roti bakar, baked beans dan jamur, utk suami n saya sih baggel, croissant + kopi aja. Hari ini kita jalan menuju Golden Jubilee Bridges, yg dibangun thn 2002 utk perayaan jubilee nya Ratu Elizabeth II. Dari sini, pemandangannya bagus utk foto Houses of Parliament + Big Bennya dan sungai Thames. Turun dari jembatan, kita nyusurin Thames ke selatan ngelewatin London Eye (ini juga naik London Eye-nya entaran aja kalo Célia udah besaran. Soalnya ngga boleh bawa stroller) dan Jubilee Gardens sampai ke Westminster Bridge. Foto2 lagi, terus nyari bis RVI utk ke Tower Bridge.
Sampai di sana udah jam 12an, si ceuceu masih tidur... tapi kita putusin utk makan kecil di sini (krn mau makan siang di China town) di St. Katherine's way. Dah itu kita buru2 menuju ke China town utk makan crêpe roast duck yg mmmmh di London China Town rest, Gerard street. Tapi sayang, pesanan makanan yg lain di menu yg kita pilih rasanya hambar2 saja. Selesai makan, kita main2 di Leicester Square, ih ngga demen deh daerah sini.... rame banget, sumpek, lagi byk perbaikan jalan. On the road lagi, kita main di Victoria Embankment garden sampai malam. Makan malem yg simple2 aja.
Fort Castle
H3
Hari ini kita diajak jalan2 ke selatan Inggris sama Ipong, temen lama saya dari paris yg skg tinggal di Inggris. Tepatnya ke Fort Brockhurst dan ke Portchester Castle (kira2 110 km / 2 jam naik mobil di barat daya London). Seharian kita di kedua tempat ini. Yg pertama adl salah satu benteng (ada byk benteng di daerah ini) yg dibangun di abad 19. Yg ke dua ada sisa2 kastil Roman yg dibangun di abad ke 3 yg berada di dekat kota pelabuhan Portmouths. Kedua bangunan ini merupakan bagian dari pertahanan kerajaan Inggris guna menahan serangan Perancis terhadap kota Portmouths.
Kita sempat naik ke atap kastil untuk melihat pemandangan laut dan kota Portsmouth. Sore harinya kita habiskan di taman kastil Portchester yg luas. Célia asik berlari ke sana ke mari :-)
H4
Hari ini tujuan kita cuma jalan2 ke Kensington Gardens dan Hyde park (sebelah2an). Cuma kita sempet jalan kaki jauuuuh dan di bawah terik matahari krn ngga berhasil nemuin pemberhentian bis utk ke daerah Kensington dekat Hyde park. Akhirnya kita naik tube juga. Turun di South Kensington terus menyusuri daerah ini utk menuju ke Kensington Gardens. Kita ngelewatin musium Victoria and Albert dan musium Natural history.
Di Kensington Gardens kita main2 sebentar (ngaso) di deket Albert memorial dan Royal Albert Hall. Patung Albert yg di memorial itu berkilap2 bok... emas 24 karat :-). Setelah itu kita ke Hyde park ini adalah taman yg paling luas di london. Asik nih buat piknik rame2. Abis snacking2 utk Célia, pelan2 kita menuju ke tube Queensway utk ke stasiun St. Pancras. Eeeeh ternyata banyak stasiun yg ditutup kalo hari minggu. Kita hrs cari line tube yg lain, krn wkt udah mefet, kita sprint diantara lautan2 manusia. Kasihan papanya Célia hrs gotong2 stroller kalo pas ngga ada tangga jalan, saya angkat2 koper kecil sementara Célia tertawa kesenengan. Walaupun begitu, kita masih terlambat juga sampai di stasiun.Kita miss 5 menitan dan check-in nya udah tutup (krn hrs lewat passport control dulu). Kita terpaksa tuker tiket ambil kereta yg jam 18.00, ya udah ngaso2 dulu di salah satu kafe di St. Pancras. Selama di kereta pulang, Célia agak2 rewel, sudah capek dan ngantuk kelihatannya. Sampai di rumah sudah jam 10 malam lebih.... duh pengalaman deh dg tube di london!
Wiken kali ini kita benar2 lucky dg cuaca yg cukup panas (krn Inggris terkenal kota hujan), walau sempat bikin Célia alergi merah2 punggungnya. Jalan2 dg bayi juga hrs bener2 santai dan ngikutin ritme dia. Kita lihat yg penting2 aja dan banyakin mengunjungin taman2. Selain itu Célia juga pinter deh, krn pagi2 dia sempetin BAB dulu sebelum kita berangkat. Album foto menyusul ya!

Anonymous said...

wawww celia ke london, jln²nya udah jauh² aja nih, iya kemaren tuh cerah bgt.

JuJu

Sucre Maple said...

lis, kmrn rencana jg l'été mau ke sana, yaaa.. hrs minta visa =:O ngak jadi deh, putar haluan =:p aiyayaa..

Anonymous said...

wih...seru ya liburan....lagi mikir niy Jun-jul enaknya kemana...:)

MaMahoney said...

serrruuuuuuuuuu bgt jln2nya lis.. toooooob dah!

Anonymous said...

lis,...bebek mo nyontek dikit yah,...juli nti bebek mo ke longdong jugahhh

Andri Journal said...

Mbak,kalo london aku tawnya stadion highbury,soalnya itu kan markasnya klub sepakbola arsenal..hehe..Ntar kalo ke london,aku tanya2 km ya mbak,biar gak tersesat.. ^_^