Wednesday, August 06, 2008

Baaaaang ..... buburrrrr .... sini!!!

Andai semudah itu utk menikmati sepiring burjo lengkap dengan ketan hitamnya. Dulu waktu masih remaja (taela), ini adalah menu tiap minggu pagi yg dibuat oleh mamah tersayang. Setelah besaran, tugas mamah diganti oleh si abang yg setia lewat di depan rumah.
Di sini....? kalo mau makan burjo ya bikin sendiri! Perjuangan saya panjang juga, pertama2 saya cari terjemahan bhs perancisnya kacang hijau. Katanya suami lentille. Ya sudah, saya percaya aja dan minta suami utk beliin 1 bungkus di supermarket (krn dia yg tugasnya belanja mingguan). Dengan bangganya dia bawa pulang 1 bungkus lentille, ternyata bukan kacang hijau.... waduh. Setelah cari2 di internet akhirnya ketemu juga, yaitu harricot mungo dan hanya dijual di supermarket asia.
Setelah semua ingredients terkumpul (kecuali pandan yg sampai tua pun ngga bakalan ditemukan di sini, jadinya saya pake essence nya aja dan gula jawa saya dapat dari sodara di belanda). Mulailah saya terjun dalam pembuatan burjo ketan hitam ini. Hasilnya..... lumayan, ketan hitamnya kurang lembut, lain kali dimasak lebih lamaan. Burjo nya lumayan enak.... sejak beberapa hari ini, saya makan burjo dan ketam hitam di sarapan dan sebagai dessert waktu makan malam. Mmmmmh mau coba ? Klik aja foto utk resepnya.

14 comments:

how to invest penny stocks said...
This comment has been removed by a blog administrator.
eliza said...

Lis, gak enak amat ya gak ada daun pandan, gula jawa segala. mau masak kue2 indonesia sengsara :(

Deasy Anastasia said...

salut deh perjuangannya bikin bubur..kliatannya enak tuh;)

lisa said...

waduh Lis, jadi pengen :) di sana repot ya kalo mo masak makanan Indonesia.

TrueMom said...

ha..ha..lis gue lebih enak lagi.., kalo pengen bubur siang bolong..masih di jalan nich ceritanya..trus pengen..tinggal telpon..."mbak tolong burjo ama ketan item dong..."

diiiiingg....pulang2 nyampe rumah udah ada fresh...diatas meja makan..."magic" isnt it?

kapanpun said...

aku lebih suka ama BURAM = BUbur Ayam hehe menu sarapan pagiku dan membuat peruk kenyang dan wennnaakk Reeekk

lesca said...

coba kemarin bialng liz, aku kirimin kacang ijo dari sini... :D

ke2nai said...

udah sesekali main ke rumahnya Keke & Nai tiap hari leat tuh yang jualan bubur kacang sama ketan item. hehe... repot juga ya mbak kalo lagi kangen sama masakan indonesia?
Btw, mau komen yang tumis kangkung itu ya? Emang enak ya makan kangkung gak pake daunnya. Saya malah demen sama daunnya daripada batangnya :)

bebek said...

alamat mu apa lis? japri ajah ke santolita@yahoo.com
nanti tak kirimi via post deh

Mamana Celia said...

hi hi hi dikasihani org sekampung
bebek makasih

Irma-MamaVian said...

Wow burjonya pasti lebih nikmat ya, kan perjuangan bikinnya juga panjang hehehe.

Mamana Celia jago masak ya, itu resep2nya dari tampilan aja udah oke banget!

Vina Revi said...

Salut atas usahanya men-translate segala bahan untuk bikin Bubur! :)

Sucre Maple said...

pandan byk di sini, liss.. ntar deh klu aku ke paris tak bawain, hehe..

ary said...

lis, daun pandan ada di 13em or Belleville, namanya feuille de pandan. Gula merah ada di KBRI or di la Chapelle. tar deh kalo ada yang bisa dititipin, gue kirimin kacang ijo