Sunday, November 19, 2006

What's in a name?

What's in a name? kata Shakespeare. First name gue di akte kelahiran adalah Eliza, namun keluarga dan temen2 deket manggil gue Lisa. Gue inget, di sekolah ato di kantor di jakarta, orang2 pada males nyebut Z gue, jadi gue sering dipanggil Elisa Elisa... dasar! Di kampus lain lagi, gue dipanggilnya tante Isya. Asal muasalnya, pada saat ngumpul2 di rumah, ponakan gue yg imut manggil gue tante Isya. Jadi kelanjutan deh panggilan tante Isya melekat sampai sekarang. Gue cukup beruntung punya nama yg "internasional", sehingga setelah gue tinggal di perancis pun, nama gue bisa berbaur dg nama2 perancis lainnya. Disini adanya nama Elisa tapi dipronounce nya Eliza. Cuma gue sering ngeluarin ektra tenaga, krn tiap kali org nanya nama gue, gue harus selalu jelasin Eliza avec un Z (Eliza dengan huruf Z). Urusan nama sempet bikin gue puyeng juga. Di Indo kan ngga ada istilah first name ama last name tuh, jadi di paspor, di akte dll, yg tercantum adalah first names doang. Walaupun first names nya bisa ampe banyak (bener, ada temen gue yg namanya panjang banget, sampe 5 tuh!). Jadi waktu sebelum nikah, untuk administrasi di sini, gue terpaksa nyomot my second first name untuk dijadiin last name gue. Kebetulan di keluarga gue juga aneh sih (di kebanyakan keluarga juga begitu), masak first name bapak gue dijadiin last name anak2 nya. Ngga logic banget ya. Walaupun mas Shakespeare bilang what's in a name, tapi tetep aja kan nama itu penting untuk nge-trace origin kita!

4 comments:

Anonymous said...

say, nama elo at least masih termasuk common name..
nah gue, ga di jakarta ga disini ga dimana-man...

"siapa?? oh siti...oh fitri...hah??fifty????

*dddooohhh plisss deh ah*

Anonymous said...

Gw juga setuju banget kalo nama itu penting :) Karena Bokap ngasih nama gw yang rada antik, jaman gw sekolah dulu langganan salah tulis di rapor, piagam bahkan STTB :(
Pas gw hamil anak pertama, Mertua gw pernah mau kasih nama belakang anak gw Hamengkulangit. Bagus sih..., tapi gw takut ntar anak gw keberatan nama... :-p Untung lahirnya cewek, jadilah gw kasih nama Bianca :D
BTW, kata dokter, makan pedes dikit selama menyusui gpp kok..:-p Asal jangan keseringan dan kebanyakan aja... :D Resepnya ada di situ juga kok Neng... :)

Anonymous said...

hehehe first name gw sih ga masalah, cuma krn ga punya last name..di ktp diketiknya XXX..gubraks!

Eliza said...

wah, elo namanya Eliza juga toh? gue pikir Lisa. kalo gue mati2an mau pake Z karena nama Eliza itu unik. disini aja org2 selalu bilang nama itu bagus & jarang org pake :)