Monday, March 26, 2007

Céliaku sakit (lagi)

bronchio

Itu bukan Célia ya... gambarnya dpt dari internet.
Sedihnya hati seorang ibu jikalau anak sakit. Sejak minggu lalu Célia sakit radang tenggorokan, hidungnya tersumbat dan batuk berdahak.
Kalo lagi musimnya, bisa sampai 30% bayi yg terkena epidemi radang tenggorokan (bronchiolite, bronchite). Selain obat2an, teknik massage kinesiotherapy tiap hari diperlukan untuk membantu mengeluarkan dahaknya yg terkurung di paru2.
Pertama2 kine menekan dada dan perutnya berkali2 (teknik menaikkan dahak ke saluran pernafasan dg bantuan tekanan udara) kemudian dia menekan saluran pernafasannya (kayak dicekek gitu) utk memprovokasi bayi utk batuk guna mengeluarkan dahaknya melalui mulut. Tahap terakhir dia memasukan selang melalui mulut dan hidung untuk mencapai saluran tenggorokan guna mem-vacum sisa2 dahak. Gambar dan video bisa dilihat di sini.
Serem ya, tapi katanya sih ngga mbikin sakit (cuma unconfortable aja). Tapi Celia udah trauma sendiri, baru direbahin aja dia sudah nangis jerit2. Cuma sesudahnya nafasnya jadi lega dan dia bisa tidur nyenyak.....
Hari ini sudah agak baikan, obat2 sudah habis jadi tinggal bbrp kali sesi kine aja dan diselang tiap 2 hari sekali.

4 comments:

Anonymous said...

waduh kayanya serem banget ni kine session. emang harus yah..?? nggak bisa pake penguapan tradisional..?? smoga celia cepet sembuh ya...

-lia

Lesca said...

Gmn kabar celia? udah sembuh kan? sehat terus ya princess...
Sedih gw kalo ngebayangin anak sakit... :(

Sucre Maple said...

aduh br tau si kecil sakit, semoga cepat sembuh ya, sayang ! =:* =:) iya lis, lagi musim tuh, anak temanku kemarin juga kena =;O wong cuaca ngak nentu, ini aja spring masih salju hari ini.. aiyayayyaa...

Lisa said...

@Lia: iya di sini kalo bronchitis, otomatis dikirim ke kine.
@Lesca: alhamdulillah si centil udah sembuh stl 12 session selama 2 minggu kemarin, tapi nafsu makannya blm balik
@Eva: memang ini musim sdh ambur radul