Tuesday, March 27, 2007

La bise (Sun)

sun

Biasanya kalo di work life, pagi hari begitu sampai kantor, kita salaman sambil say bonjour dg sesama kolega. Tapi ada juga sih yg pake acara nge-sun pika piki (pipi kanan pipi kiri). Kalo gue sih standard aja salaman (ngga mau sok akrab ah).
Kalo di social life, misalnya ketemuan di cafe, restauran ato pesta2 di rumah temen, kita saling sun pika piki sama semua org, even sama org yg baru kita kenal saat itu (misalnya temennya temen kita). Kalo orgnya ganteng sih gue excited2 aja di-sun, lagian biasanya juga cuma tempel pipi. Dilemanya kalo ketemu temennya temen yg kelihatannya krg funky, gue suka bingung sun ... engga ... sun ... engga (biasanya gue ragu2 kalo orgnya ngga ganteng... no becanda! gue ragu2 kalo orgnya agak distant gitu). Yg sering kejadian, gue ngulurin tangan eeeh dianya nyodorin pipi or kebalikannya guenya yg sok akrab eh dianya yg nyodorin tangan. Tapi ujung2nya sih kita sun sun-an juga.
Nah kemarin itu lain lagi, gue ketemu ex-manager gue, udah berumur eh berjenggotan pula. Gue standard dong, nyodorin tangan gue (spt yg biasa gue lakuin dulu wkt kerja ama dia), eeeeh dianya bilang "Comment ça va Eliza, on fait la bise!" (Apa kabar Eliza, kita sun-an dong!). Yah dg terpaksa gue kasihlah pipiku ini he he he. Udah mana dia itu kalo nge-sun bibir tempel pipi lagi.... weleh weleh.
Ngomong2 soal nge-sun, jumlah sun-an juga bervariasi tergantung negara ato region nya. Contohnya kalo di belanda 3 kali pika piki pika ato kebalikannya. Adalagi yg 4 kali, di daerah perancis barat. Capek bener ya nge-sun 4 kali pika piki pika piki, ngebayang ngga kalo org yg hrs di-sun byk? Udah gitu kita sun sun-an itu bukan pas baru datang aja, pas mau say goodbye juga. Terus katanya kalo org rusia lain lagi, sun-nya di bibir, sekilas... iiiih ngga mau ah walau sekilas juga, ngga higienis sekali.

6 comments:

aroengbinang said...

hmmmm, asik lagi jeng :D, cem macem adat dunia ya; yg tempel2-an hidung, pipi, bibir ada; yg jarak jauh ada... bisa dibuat buku kali ya :), salam.

Anonymous said...

hehehe..suka binun emang. tangan ato pipi yah..eh, pas pipi..2 ato 3 kali yah...suka tengsin deh..=(

-lia
aryatale.blogspot.com

Lesca said...

Di keluarga gw juga ada kebiasan cupika cupiki kalo ketemuan. Dulu sih gw asik2 aja. Ama sodara ini... Tapi sekarang, sumpe deh..., maleeeuuussss banget! Soalnya kadang suka ada pipi2 yang kotor seh :( SO, riasan muka gw yang pas2an ini jadi tambah amburadul deh... ;-p
Belum lagi kalo ada yang pake acara ngesun, terus basah pula... Whoaaaaa, males banget!!!

BTW, hepi wiken ya neng... Hugs buat princess celia :D

eliza adam said...

disini cuma perlu peluk2an aja..hehehe..kalo sama cowo gak usah sampe bener2 meluk, tapi tempel badan, kalo cewe boleh dipeluk bener2 :D jarang sih yg tempel2an pipi.

Sucre Maple said...

wakakaa.. lutjuuu... gw ngak suka tuh klu org cium pake bibir di pipi yg ludahnya itu loh ikut lengeket.. blehhh.. =:o

Ira said...

huehehe iya bener banget, tahun pertama aku di belanda, pas ulang tahun perkawinan oma opanya dimitri yang ke 60.... jadi dipestain gede gedean.... semua anak cucu datang... kebayang nggak seh... anaknya ada 7 plus pasangan jadi 14, belom cucu cucunya.. total ada kali 59 orang... kali 3 cium pipi.... terus pas pulang 3 kali lagi.... hihihih.... sampe rumah cuci muka bersih bersih hihihih