Friday, July 27, 2007

Oleh oleh dari Etretat

*** Cerita tgl 11/7/2007
Setelah bersemedi selama hampir sebulan, back to blogging world lagi nih...

normandy

Wuih belum recover bener nih dari liburan. Byk sekali yg ingin diceritakan n blm sempet upload2 foto.Awalnya ada temen mainku (dan jg tetangga ku), novi + fam yg mau ke paris. Suaminya usul utk liburan bareng ke luar kota (krn udah bosan sama paris katanya). Terus aku kasih ide utk ke Etretat, ngga terlalu jauh dari paris dan berada di pinggir laut. Mereka setuju, terus aku mulai deh hunting rumah sewaannya. Stl bulak balik email2an dan telfon2an akhirnya setuju utk sewa rumah duplex ini. Kita sekalian sewa 2 rumah, biar bisa berenang kata suami temenku, soalnya tiap rumah ada 3 kamar.
Datanglah Novi, suami, Michaela anak mereka dan Dwi, nanny-nya Michaela (duuuh enak bener liburan ajak nanny ;-) ) hari jumat sore 22/6 dari Bonn. Setelah nginap (baca camping) 2 malam di appt kita, kita berangkat minggu pagi ke Etretat. Kita sempet foto2 sambil lewat di menara eiffel.

eiffel

Sepanjang perjalanan hujan rintik2.... sampai di sana pun masih hujan. Duuuh padahal aku mimpinya pingin berenang2 di laut, malah si centil sudah aku beliin celana renang. Wuih boro2, hujan melulu, anginnya kencang n dingin pula. Kasihan si Novi dan Dwi yg kedinginan. Aku juga bawa baju seadanya. Rumah sewaan kita lumayan jauh dari pantai, mesti jalan 15 menitan. Kasihan Michaela gantian digendong sama mama, papa dan nanny-nya. Kalo si centil sih naik kereta dorongannya ato ngga pake baby carrier.

etretat

etretat plus

Wow bagus sekali jurang2 Etretat yg terkenal itu.... Kita juga bisa naik ke bukit utk melihat pemandangan dari ketinggian. Sebetulnya byk sekali itineri randonné (jalan kaki) yg bisa kita lakukan, cuma krn Michaela masih kecil, jadi kadang2 kita jalan kaki, kadang2 kita naik mobil ke kota2 sekitar Etretat.

st valery en caux

Karena udara dingin, Célia aku pakein baju astronot dan dia selalu tertidur pulas digendongan papanya tiap kali kita jalan2 menghirup udara laut.
Cerita sedikit ttg Etretat, Etretat ini adalah bagian dari côte d'albâtre (Albâtre coast) di sepanjang pantai Normandy. Pantai2 di Normandy ini dibatasi oleh jurang2 cukup tajam. Selain Etretat, kita juga mengunjungi Yport, Fécamp, St. Valéry en Caux, Le Havre dan Honfleur. Honfleur bukan di côte d'albâtre lagi, melainkan di daerah Calvados. Kita sempatin mampir ke sana sebelum pulang ke Paris. Honfleur kotanya bagus, aku pingin ke sana lagi next time...

yport honfleur

arsitektur

Si Célia cukup rukun sama kakak Michaela, malah dia sering tertawa terkekeh2 kalo kakak Michaela bikin lucu. Ke dua bayi ini ritme nya berbeda: Michaela jam 8 malam sudah tidur dan bangun pagi2 sekali, sedang Célia tidurnya susah, jam 22 malam baru mau tidur dan bangunnya lebih siang sedikit. Sayangnya Célia cuma 1 malam tidur di kasur bayi, malam2 berikutnya dia hanya mau tidur di kasur papa mamanya. Aku ngga tega utk "maksa" dia utk tidur sendiri. Lagian ngga enak juga kalo biarin Célia nangis, takut mengganggu kel. Novi yg sudah tidur duluan. Jadi selama liburan ini, kita agak2 kurang tidur krn kalo Célia tidur sama kita, tengah malam pasti bangun utk minta nenen.

mich cél

Oh ya di Fécamp kita sempat ke restauran sama anak2. Aku agak was was krn blm pernah ajak Célia ke restauran. Untung stl makan, ke dua anak ini manis2, shg ortunya bisa makan dg tenang. Makanan yg terkenal adalah seafoodnya. Kita sempat makan plateau de fruits de mer (seafood includes crab, lobster, oysters, clams, prawns, crawfish, etc etc) di l'huitrière. Awalnya kita sempet panik krn ngga spt di restauran sebelumnya, si centil ngga mau duduk tenang di kursi bayinya. kita sampai naikin dorongan bayi spy dia bisa tidur. Akhirnya kita gantian makan, udah itu dininaboboin sama papanya... Alhamdulillah dia mau tidur. Baru kita attaque lobsternya bareng2 :-).

souvenir

Sampai di paris sempet sutris berat krn byk sekali pakaian kotor dan sprei2 kotor.... untungnya rumah udah dibersihin sama Rizki, thanks ya Riz.

*dipublikasi tgl 27 juli 2007

1 comment:

Mama Ben said...

Ya ampun....bener2 deh pemandangannya bagus2 banget Lissss...

kapan yah aku bisa kesana....amin deh suatu saat hehe....

Asik yah liburan rame2.....