Wednesday, October 31, 2007

Hampir ... almost

hore

Gue lagi hepi nih... kemarin kita keluarin baju2 winter dari kardus, terus gue nyobain celana2 lama gue (sebelum hamil) eeeeh I almost fit into my old trousers! Iya sodara2 gue ngga cerita, sebetulnya wkt ke indo kemarin atas rekomen temen, gue sempet bbrp kali ke nutritionist utk ngikutin program penurunan BB. Sungguh bad timing sekali ya, tapi sesungguhnya program diet gue lebih berhasil di Indo dari pada di sini. Karena di indo byk asisten yg nyiapin makanan gue (atau separahnya gue tinggal beli). Kalo di sini ???? bikin sup takes time, kalo pulang kantor udah ngga sempet lagi deh. Makan salade... bosen deh kalo hrs makan salade tiap hari, kalo beli di luar.... aduh bisa bangkrut.

Ternyata nurunin BB itu tidak susah2 banget. Gue dikasih semacam pil utk nahan rasa lapar, tapi skg gue udah ngga pake lagi tuh. Prinsipnya gampang: selama 3 hari kita makan sayur + buah aja utk detoks. Hari ke-4, pagi makan sayur/buah, siang boleh makan nasi sedikit (3 suap) + 100g filet (sebaiknya dibakar) dan malam makan buah/sayur lagi. Nah gue wkt itu lagi di bali, tiap hari kita kan makan ikan BBQ, cocok bener utk program diet gue. Sungguh gue ngga merasa lapar... lama2 biasa kok. Kunci utamanya adalah mengkonsumsi kalori lebih sedikit dari kalori yg kita keluarkan. Utk kasus gue, kebutuhan kalori gue sehari2 normalnya adl 1200 kalori, maka gue bolehnya konsumsi 1000 saja. Jadi deficit kalori terus dan stok lemak gue yg akan dipakai utk memenuhi kebutuhan gue. Kalo misalnya sekali2 kita pengen excess, boleh aja yg penting kita tetap the master of perut kita. Utk itu dikasih pil yg namanya pil pesta, yg diminum sebelum makan besar.

Dr juga ngasih list makanan yg hrs dihindarin: yg pertama: kerupuk.... krn kerupuk itu mengembang dg menyerap minyak... jadi sedikit kerupuk aja kita consume 300 kalori. Yg ke dua tepung2 an: pasta, mie, goreng2an ... tepung ini bahaya soalnya ada faktor addictnya. Gula juga harus dikurangi. Kue sebetulnya parah juga krn selain gula, ada tepungnya juga. Kalo masak sebaiknya pake oven atau BBQ. Nasi atau mie goreng.... minyak semua tuh isinya. Ikan asin, telur asin, processed food... sami mawon. Minum jus, bukannya jelek sih tapi sebaiknya makan buahnya aja langsung krn kalau 1 gelas jus apel isinya bisa 3 sampai 4 apel sedangkan kalo makan 1 buah apel aja kita sudah kenyang. Begitu deh dikasih guidance sama dr nya... tinggal ngikutin aja. Jadi tiap mau makan sesuatu, gue mulai ngitung2... oseng2 : sayur 25 kal + minyak 50 kal... nasi 175 kal...

Wkt mulai program, BB gue 61kg, stl 2 minggu gue turun 3 kg. Di sini, gue agak kesusahan juga utk nerusin diet gue, tapi gue usahain semaksimal mungkin. Kemarin gue timbang BB gue udah 54,4 kg (BB sebelum hamil 53kg). Celana gue udah longgar, bentar lagi bye bye deh size 40, welcome 38!

BB

5 comments:

Lisa said...

hiks.. Lis, gue baca postingan loe ini sambil makan krupuk :( gimana mo diet coba ?

fisty said...

congrats say..:-)

eliza said...

eh, selamat! berhasil nahan diri ya...

nuke said...

Waduh Lis.. hebat udah hampir 7 kg loe ya.., gue setelah lebaran, ada hal2 yg sempet bikin gue frustasi..membuat gue makan lagi tak terhindar..(alasan!!!!) begitu gue baca post hari ini..gue harus mulai lagi..he..he..

Anonymous said...

wah selamat ya lis...kok bisa ya lebih efektif di indo....wah kalo ketemu lagi, gue pangling donk

-lia
mama arya yg jarang on line gara2 lagi sibuk bgt