Thursday, September 18, 2008

25

Ma chérie-ku (pleonasme banget ya) berulang bulan yg ke 25 hari ini. Berikut ini perkembangannya selama 2 bulan terakhir:

- posesif, sekarang ini dikit2 dia bilang à ma à ma (maksudnya à moi = punya saya) jika ingin sesuatu / mainannya dan jika dia ngga mau kita pegang mainannya
- kalo ngga mau dia bilang "non pas ça" (no not that) yg seharusnya "non veux pas" (ngga mau) ato ngga dia bilang non non non non non non non non (ampe panjang gini)
-kalo nyium mama lamaaa dan berbunyi, mesraaa deh
-kalo manggil mamanya mama Iya (mama célia) papanya papa Iya. Kayak ada mama ato papa lain di rumah deh hihihi
- perbendaharaan katanya makin bertambah: fleur, vache, chat, lapin, l'âne, cochon, baleine, pantalon, eyong/crayon, sin (dessine/gambar), cuillère, fourchette, e booong (c'est bon = enak), joues, yeux, bouche, dent dan byk lagi....
- karakter kesayangnnya uwa (dora), nunuh (nounours = beruang utk winnie), oui-oui, wuwu (dalmatien), titi (hello kitty)
- kalo bangun pagi bilang bonjour (pagi) mama... bonjour papa...
- demen baca dan dibacain buku2 cerita
- sifat kurang baik: di suruh mandi susah eeeh pas selesai mandi, masih mau main air, sering nolak dinaikin ke strollernya biasanya berakhir dg teriakan, tangisan dan tatapan org banyak (kalo pas lagi di publik), lagi hobi makan kerikil (yg nempel di bajunya / strollernya), makan playdough, minum air pas cuci tangan ato mandi, melepeh makanan di lantai
- lagi seneng minta dipeluk "câlins mama" (sayang mama)
- ngitung 1 2 6 7 8 10 (un deux six sept huit dix)
- bahasa perancis yaa lebih lancar daripada bhs indonesia. Dia ngerti berkomunikasi dan mengenal benda2 dlm bhs indo tapi ngomongnya baru sedikit spt pipi, dagu, gigi, kaki, susu, sapi, ikan
- lagu2 yg suka dinyanyiin sambil bergaya: meunier tu dors.... ton moulin ton moulin va trop viiiite sama yg ini les petits oiseaux là haut volent volent voooolent.
Dua video Célia menyebutkan kata2 dlm bhs indonesia.

8 comments:

Sucre Maple said...

ihhhhh gemez gw sama si ceuceu, so cuteee.. hihii.. lis, gw liat videonya kok macet2 ya.. trus video yg kedua kok ngak ada ?

dyah said...

hihihi....

Seru ya kalo bicara perkembangan anak!

Mandi susah dan keluar kamar mandi susah kayaknya penyakit anak2 balita nih! :)

Sun sayang dan met ulang bulan 25 buat celia!

Anonymous said...

ii pinter celia,dah byk vocab prancisnya ya, memang gitu kali ya pengaruh lingkungan, yg keluar lbh byk prancisnya..

MC

salma said...

lho Celia jangan suka makan kerikil dong, tar giginya rontok lho.
Makin mirip papa ya..

lesca said...

aku selalu sirik sama celia. kecil2 kok udah pinter bahasa prancis... :D

Andri Kusuma Harmaya said...

Target yg perlu diraih pada usia 24 bulan:
Memperluas makna kata,"Kakak marah" menjadi "Iya,kakak sedang marah".
Membacakan cerita pada anak,bukalah sesi tanya jawab yg sifatnya eksploratif.
Dilatih bernyanyi.Kalo di Indonesia misalnya Balonku Ada Lima atau Burung Kakak Tua.

mama icel said...

umur 25 hari?
ada seneng ada gemes ada sebel juga kadang2..tapi itulah seninya merawat anak tercinta...

Irma-MamaVian said...

Met ulbul yang ke 25 Celia... tambah cute aja! Susah mandinya niru mamanya ga nih hehehe