Friday, October 17, 2008

Dual personality ?

messy

Ini nih hobinya Célia nyebar mainannnya di mana mana. Flash cards benda2, domino kayu, buku2 cerita, boneka, mainannya bertebaran di lantai. Jalan di ruang keluarga serasa jalan di tengah ranjau ha ha ha. Saya sudah berusaha utk ngajarin dia utk membereskan mainan sendiri, sayangnya dia masih angot2 an.

Padahal kalo denger cerita dari guru di daycare, Célia itu anaknya cukup ringan tangan dalam hal membereskan mainan. Secara dia dijemput papanya kan jam 18.00 jadi termasuk anak2 yg stay terakhir di daycare. Memang pas diskusi sama ibu2 yg lain, saya mengambil kesimpulan kalo kebanyakan anak2 punya sifat berbeda2 antara di daycare/sekolah dan di rumah. Saya suka terkagum2 (haru dan bangga ehem) kalo dengar laporan dari sana:

"Célia makannya banyak dan suap sendiri"
"tidurnya gampang, tepok2 sebentar langsung tidur"
"anaknya periang"
"mandiri"
"elle sait ce qu'elle veux" (tau apa yg dia mau)
"elle sait se faire comprendre" (bisa mengekspresikan keinginginannya)
... ....

Padahal kalo di rumah, dia agak2 masih manja. Nempel melulu sama mamanya, mamanya ngga boleh main komputer, kalo tidur hrs dikelonin sampe merem, senang ngurek2 puser mamanya (kalo pas tidur masih dikasih, tapi kadang2 di depan umum). Kalo makan kadang2 masih minta disuapin, walaupun makannya banyak dan ngga ada masalah. Suka main2in makanan / minuman: kalo ngga suka malah dibuang ke lantai (duh yg ini paling sebellll), gelas minum malah dikobok2.

Yah ngga papa sih, msh bisa ditolerir. Cuma saya suka heran aja, kok kayaknya agak2 dual personality gini :-)

4 comments:

Lesca Boma said...

hahaha.... aku punya 3 tenaga yang hobi nyebarin mainannya di dalem rumah. kebayang ga? :D
lantai pake parkit gitu bagus juga ya lis? kesannya bersih. tapi kalo di sini mah panas ya?

Asih Evan said...

Lis, melihat percakapan Prancisnya aku jadi inget 'Hercule Poirot'nya agatha Christie...

yossy hamdan said...

Sama kek anak2ku jg, klo ada mbak2nya pd manja, tp begitu mbak mudik, aku tegasin, makan sendiri, pake baju n cari baju sendiri (terutama u/yg no 2 umur 4thn) biar mandiri juga.. begitu mbaknya balik, balik kabeh manja2 lagi.. woalah, puseng

Sucre Maple said...

sptnya kebanyakan anak cenderung begitu, liss.. ya maklum aja, wong dia cuma jumpa ortunya pagi2 & malam2 yaaa, hehee.. aku jg denger dr temanku adina, anaknya di creche diajarin beresin maenan jg yaa, tp di rumah spt yg km bilang jg, liss.. klu matt jg maenannya bertebaran di mana2, tak suruh beresin, masuk ke kotak, tp ntar dikeluar2in lagi..