Tuesday, October 28, 2008

Wiken panjang di Swiss

pano2

Pemandangan dari ketinggian 1287m di Kurhaus Weissenstein Hotel & Restaurant, dekat kota Solothurn, Switzerland. Cakep ya .... ck ck ck serasa di atas awan.

Wiken panjang 22-26/10 2008
Transportasi: TGV paris-Zurich 4,5 jam
Tempat yg dikunjungi: Zurich, Rapperswil, Weissenstein, Basel

Ceritanya Celia n mamah berangkat duluan ke Zurich hari rabu (22/10) jam 8.24 pagi. Papanya nyusul jumat malam. Selama perjalanan si Ceuceu baik2 saja dan di kereta juga ngga byk orang. Saya bawa kertas dan krayon utk gambar utk 'menyibukkan' dirinya selama 4,5 jam perjalanan. Makan siang pun lancar, untungnya ada makanan panas di resto bar.

Sampai di Zurich HB sudah ditunggu oleh tata Yully & Luzy. Di rumah tata Luzy di Zurich utara, kita langsung makan mie ayam yg special dibikinin buat diriku.... merci ya. Oh ya Om Papan lagi ngga ada, lagi bisnis trip ke Cina & India. Jadi asik tuh di rumah cuma kita2 aja he he he (Yully nginep di tempat Luzy). Sorenya kita ngga kemana2 krn ada tamu kecil Keiana anaknya Trina dan Clarissa & Alicia, anaknya Lia.

Hari kamis kita keluar stl makan siang, krn nunggu Yully pulang kerja. Dia kerjanya di bandara Zurich yg ngga jauh dari rumah. Kalo Luzy kerja jadi supervisor di Starbucks, cuma bbrp meter dari rumahnya (enak ya kerja jalan kaki). Sorenya kita habiskan di Zurich old city dan makan malam di resto thai. Bedanya Zurich vs Paris, di jalanan ngga ada dog sh*t dan pejalan kaki sangat dihormati. Pengendara mobil selalu berhenti kalo melihat org mau menyebrang. Cuma macetnya ngelebihin Paris ya krn jalannya cuma 1 lane dan 1 lagi utk tramway. Beda lainnya, harga tas plastik tempat sampah lebih mahal krn ada pajaknya. Jadi tempat sampah di rumah diisi semaksimalnya sebelum dibuang. Ada tempat sampah tambahan, khusus utk sisa bahan makanan, yaitu kompos. Kalo di Perancis kan recyclenya ada 3: tempat sampah hijau utk botol2an, kuning untuk kardus, botol plastik, majalah dan coklat utk sampah lainnya.

Rapperswil

Jumat sore kita ke Rapperswil di pinggir danau Zurich. Jalan2 menyusuri kota tuanya dan naik hingga ke kastil untuk melihat pemandangan danau Zurich. Di atas Célia sempet2nya main perosotan. Kastilnya skg sudah dijadikan musium dan bisa disewa utk venue perkawinan. Sebelum pulang kita main2 dg bebek2 dan angsa di pinggir danau. Si ceuceu sempet mau dipatok sama salah satu angsa. Jadinya dia takut2 tapi mau gitu he he he. Pulangnya kita ke rumah Yully deket Baden. Malam ini sampai minggu kita nginep di sana. Malam jam 22.30 an papanya Célia sampai, dijemput di stasiun sama Mark, suaminya Yully.

Weissenstein

Hari Sabtu udara bagus sekali. Kita pergi ke Weissenstein di kanton Solothurn, kira2 1,5 jam naik mobil. Pemandangannya okeh banget, pegunungan Alpen di depan kita serasa dekat krn udara yg bagus. Belum lagi awan2 yg menyelimuti kota2 di bawah, serasa kita berada di surga *hiperbola bgt ya*. Sore itu kita habiskan dg jalan2 di sekitar hotel Weissenstein, main ayunan dan mengunjungi peternakan sapi.

Hari minggu waktunya kembali ke paris, kereta kita jam 13.35 dari Brugg ke Basel. Jalan2 sebentar di sekitar stasiun Basel sambil nunggu kereta TGV. Dari Basel ke Paris cuma memakan waktu 3,5 jam. Oh ya hari ini pergantian jam winter, artinya perbedaan waktu antara paris dan jakarta sekarang menjadi 6 jam dibanding jam musim panas yg 5 jam. Brrrr udah mulai dingin nih.

13 comments:

Judith said...

Zurich, Rapperswil dan Basel kita dah kesana Lis. Anakku yg sulung Dina, setahun tinggal di kota Basel Internat School.

Senengnya jalan2.. dah dingin kan Lis. Malahan sekarang makin duingiinn :(

Kami tinggal di kota Thun, kurleb sejam 1/2 dari Basel.. Salam buat Celia yang imut dan cakep :D

Andri said...

Wah,jalan2 ke tempate mbak Judith ya?Celia enak banget diajakin jalan2 trus ama mamanya.. ;D

Dalam waktu dekat blogmu maw tak review mbak..Tunggu aja..Ntar tak kabari lg kalo dah posting.. ;)

Sekalian tanya:bahasa perancisnya 'terima kasih' ama 'have a nice day' apa ya?

tentangkami said...

Aih senangnya yang jalan-jalan.
Lis, dibukuin dong cerita-cerita ini, menarik loh.


*indahjuli*

TrueMom said...

Lis..

Gue telpon Luzy waktu itu jam 4 pagi waktu jakarta..he..he..soalnya gue kebangun jam 3

Mencuri pulsa ayah untuk telp Luzy 30 menit he..he..

Irma-MamaVian said...

Swiss salah satu impian yang blom tercapai nih. Katanya alam di sana indah banget ya... Moga2 kapan2 bisa ke sana deh hehe

lesca said...

waduh..., suguhan yang menggiurkan sekali... :D
sekali2, kalo jalan2 ajak2 gw dong liz ;-)

Asih Evan said...

Pemandangannya bagus banget Liz..kayak di kalender-kalender ya..
Orang eropa kesadaran lingkungannya sdh tinggi sekali, kapan di Indo ya? frustasi.com hiks..

wirati said...

salam kenal mbak

rina said...

Mbak, salam kenal. Really a nice, and interesting blog to be visited. Salam buat Celia ;-)

Marina said...

sekarang cuaca di zurich udah super adem, rabu-kamis snowy.

salam kenal ya mbak, i'd love to visit Paris one day ;)

Lisa said...

@marina, macet dimana2 kemarin ya ???

Marina said...

betul. suami saya sampe2 nunggu train 1 jam lebih. orang2 pada telat tiba di kantor :)

Sucre Maple said...

Lis, Swiss pan dekat tempat kita, tp ngak tau klu Zurich itu dekat ngak ya, mau cek mappy dulu.. emang enak ya di Swiss, bersih.. tp sptnya biaya hidup di sana jg lbh tinggi yaaa..