Tuesday, November 11, 2008

Picasso and me

Asiiik wiken panjang dari sabtu - rabu: senin harpitnas, selasa hari libur.

Minggu, 9 november 2008

Mertua saya yg kebetulan berwiken panjang di Paris, ingin ke pameran Picasso et les maîtres (Picasso dan para gurunya). Hari minggu, jadilah kita ujicoba membawa Célia ke museum untuk pertama kalinya. Pameran Picasso ini berlangsung di Galeries Nationales, Grand Palais

Petit Picasso

Buku Petit Picasso yg berisi lukisan2 Picasso dg penjelasan untuk anak2

Ternyata banyak juga orang tua yg bawa anak2, bahkan bayi. Ada juga atelier khusus utk anak > 8 thn. Sepanjang pameran, Célia malas jalan sendiri. Karena kita ngga boleh bawa dorongan bayi, jadi gantian deh antara mama, papa dan mamy yg gendong Célia. Tapi dia cukup menikmati juga beberapa lukisan yg bertema binatang. Terutama lukisan Las meninas yg ada anjingnya, yg dilukis oleh Diego Velasquez pada tahun 1656.

Sesuai dg judul, pameran ini bertema lukisan2 Picasso yg terinspirasi oleh "guru2" spt: Rembrandt, Poussin, Velasquez, Goya, Delacroix, Ingres, Manet, Renoir, Gauguin... Dari satu masterpiece gurunya, Picasso menghasilkan beberapa lukisan yg merupakan versi, cara pandang dan gaya lukisnya (cubisme). Dari lukisan Las Meninas, Picasso menghasilkan 58 lukisan berbeda yg bertema senada antara bulan agustus dan desember 1957.

Las Meninas

Nomor 1, lukisan asli Las meninas oleh Velasquez, nomor 2-4 Las meninas versi Picasso

Images copyrighted by Velasquez and Picasso, this is for information purposes only, if necessary I will remove them from the blog.

15 comments:

Andri said...

Buku Petit Picasso itu tiap pengunjung dikasih to mbak?

Wah...gambar-gambarnya bagus-bagus...Aku kurang suka nglukis...tapi kalo liat pameran lukisan lumayan seneng juga sih...apalagi kalo ditemeni pacar..hihihi...

santi d said...

Pamerannya oke yah. Tapi kok ngga boleh bawa buggy yak ...sadis pisan ortu jadi harus gendong2 babynya.

Lisa said...

@andri, beli dri he he he
@santi, soalnya ruang pamerannya kecil san tapi dipinjemin baby carrier kok. lagian pengunjungnya mbudak banget pas wiken, org dr luar pcis jg dateng. kita aja reserve nya udah dari jauh2 hari.

Judith said...

Waahh senengnya bisa liat pameran lukisan Pablo Picasso, pingin ikutan hiks..

karl's sweet child said...

i really want to visit this 'Picasso et les maîtres'..!!!

Sucre Maple said...

wahh lumayan asyik ya lis pamerannya... tfs ! =:) klu si ceuceu dah mantap pegang pensil, boleh tuh km latih gambar dgn menghubungi titik2.. =:)

ENDRIYANI said...

Asik juga ya liburan ke museum...nambah ilmu trus banyak yg menarik juga...Ntar kapan-2 Talitha saya ajak juga ach ke museum...

rina said...

Pameran yang bagus ya Mbak ;-) nambah view dan pengetahuan. Duh, jadi berharap di Indo ada pameran kebudayaan yang aman, berguna, dan nyaman buat dikunjungi =)
btw, thanks for visiting Mbak

si Dyah said...

du aduduuuu.....senangnya bisa jalan2 ke pameran menarik...

jadi iri loh Lis!!!

rumah lina said...

wah asik ya bisa liat pameran keren2 begitu,itu impianku dulu kala.. kapan ya kecapai hiks
tapi kalo anak2ku dibawa ke pameran gitu bisa runyam deh, ga bisa diem soalnya

Arya said...

artikel yang menarik..
that's another little dream that more and more getting further 2 catch it.
Images copyrighted by Velasquez and Picasso, this is for information purposes only, if necessary I will remove them from the blog.
Salut untuk statement na...

wirati said...

makasi udah mampir yahhh. luksiannya bagus

lesca said...

tambah langsing ya lis? tambah cantik juga ;-)

Lisa said...

@sucre maple, masih blm fasih va pegang pensilnya
@endriyani, rina, iya di indonesia hrs dipromosikan kunjungan ke museum. krn di sini walaupun mahal, antrian panjaaaaang. untung kita udah pesen jauh2 hari.
@rumah lina, ada juga sih bayi yg nangis, tp orang2 cukup toleran kok. namanya juga bayi ya dan mereka kan berhak ke museum juga
@arya, saya sebetulnya takut juga narok2 gambar spt ini
@les, thanks, tunggu liat aselinya doooong ntar kaget kamu he he he

eliza said...

menarik banget pamerannya, coba dibawa kemari yah? :)