Friday, January 23, 2009

28-29 Bulan

29 mo

Di rapel ya nak.

Berat tgl 7/1/2009 10kg850

Dua bulan belakangan ini..... kamu makin lucu.... apa ya... mama kehabisa akal nih. Yang jelas kosa kata bahasa indonesia nya makin banyak. Suka teriak gaaaaado gadoooo ngikutin tukang yg lewat. Paling hobi ngikut2, kalo kita lagi makan apa ato bilang mau melakukan sesuatu, dia langsung ngomong "moi aussi" (saya mau juga). Lucunya pas saya tanya sama guru2 di daycare, apa Célia suka ngucapin kata2 indonesia, ternyata mereka bilang ngga sama sekali. Berarti Célia ngerti kalo mau ngomong bahasa indonseia itu hrs dg mamanya. Sifat ingin menang, biasanya kita siasati dg meminta dia utk memilih. Karena dia yg milih, jadi kesannya dia yg menang. Misalnya waktu dipakein kaos kaki dia nolak, kita biasanya minta dia utk memilih kaos kaki yg mana yg dia mau, kan akhirnya dia mau juga pake kaos kaki. Kita suka bikin perjanjian misalnya nonton DVDnya satu episode aja, terus kita bilang "on est d'accord?" (do we have an agreement?), nanti dia jawab "d'accord" (OK). Tapi kadang2 ngga berfungsi juga sih, contohnya kemarin dia minta main kemidi putar, saya bilang satu kali aja ya, on est d'accord ? eeeeh dia minta lagi... sampe saya gendong2 untuk pulang dan dia bikin "keramaian" alias jadi tontonan orang krn nangis ngga mau jalan. Kalo udah gini sih, ya urut dada aja deh :-)

Dia fasih ngikutin percakapan sehari2 dalam bhs perancis. Sekarang sama papanya, kalo kita mau kongkalingan sesuatu antara kita (artinya kita ngga mau Célia ngerti), kita jadi ngomong bhs inggris deh.

Yg sering diucapin:

ewe = je veux = saya ingin
iwa = je vois = saya mau liat
gad = regarde = lihat

(saya jahat deh suka teasing dia ewe ewe krn dia pronounce "je veux" nya blm lancar)

Sudah bisa membedakan warna2 dlm bhs perancis: bleu, blanche, rouge, orange...

Hobi: konstruksi lego yg besar, gambar2, nonton DVD oui-oui, dora (sekarang nagih melulu tiap hari), nyanyi, ngobrol sendiri. Oh ya dia jago nyanyi papa Yakop versi indonesia dan perancis. Kalah nih mama ary, yg ngga bisa versi indonesianya ha ha ha. Mama ajarin bisous indonesia (nge-sun), kan beda tuh sama bisous perancis yg bunyi.

Belakangan ini lagi pilek... hiks mudah2 an ngga berlanjut parah. Sementara papa mamanya sakit tenggorokan.

10 comments:

Andri said...

Sini jg lg musim batuk pilek mbak.Oleh karena cuaca di sini jg menurunkan daya tahan tubuh.Kalo panas,panaaaas bgt..Kalo dingin,dingiiin bgt.Semoga Celia sekeluarga lekas sembuh. :)

lesca said...

emang repot kalo anak2 udah ngerti bahsa oarng tua ya... hehehe...
jadi susah kalo mau ngerasani atau ngomongin orang :-p

celi amakannya pinter ya liz? gw inget waktu liat celia makan snack nya di prefere. kayaknya menikmatiii...banget :D

semoga semua cepat sembuh yaaaa... amin.

TrueMom said...

gadoooooo-gadooooo..dengan gaya "Princess Celia"..duch kangen..so as Gifta n Nugra..

lucu banget pake Chapeaux Princess..he..he..jd tambah kangen..

ary said...

pet sembuh ya ceya ...... (kalo Aurele bilang). Makan yang bagus n minum banyak, biar gak tambah ambruk.

Gue dah lupa lagi ama frere jacob versi Indo, heheheeee (sindrom bumil neh) !

Sucre Maple said...

met ulbul ya ceuceu, tambah ceria ajaa.. buat maman & papa, semoga dah sembuh ! =:)

lisa said...

lama2 celia bisa ngerti bahasa inggris juga tuh Liz.. hehehe... kayak bonyok gue suka rahasia2an pake bahasa belanda, ujung2nya kalo mereka ngomong pake bahasa belanda, gue ngerti

si Dyah said...

Duuuh...pilek nya udah menular ke Celia. Ato dimulai dari Celia ya?

Akal2an emang salah satu usaha kita ortu spy anak nurut dg kemauan kita! hahaha. Kalo Aqila pake kata "promise?" tapi gak mempan juga kadang2 :P

Emang gimana lagu Brother Jacob dalam bahasa Indonesia? kOk aku gak inget yaa? (lha iyalah...kan udah lama banget masa kecilnya! Pake nanya ya)

Lisa said...

@dyah
bapak yakop 2x bangun lah 2x
hari sudah siang 2x ding dang dong 2x
Ayo nyanyi bareng2 Célia semua

Febrie said...

lucunya celia .. dah gede ya .. ntar tante diajarin nyanyi ya

Lisa said...

@True mom, perhatiin ngga chapeau princess nya udah dilucuti pitanya, jadi lebih pendek. kangen nih dibabysit-in sama mama nuke he he he