Sunday, February 15, 2009

Fondue time!

Suatu malam, saya lagi pingin banget makan fondue. Kemudian saya mintalah si hubby tea utk bikinin, secara dia asalnya dari Savoy, pegunungan Alpen dan salah satu makanan khas Savoy adalah Fondue Savoyarde.

Memang asal muasal fondue itu sebenarnya dari Swiss (kanton Fribourg). Kan orang Swiss bisa dibilang sepupu jauh orang Savoy. Ceritanya fondue diciptakan oleh para penggembala yg terisolasi dari 'peradaban' selama berbulan2 di pegunungan Alpen (kayak di film Brokeback Mountain tuuuh). Mereka memanfaatkan sisa2 roti dan keju. Fondue sendiri berasal dari kata fondre yg artinya meleleh.

Kemudian makanan khas Swiss ini diadopsi oleh daerah Savoy dan Franche-Comté di perancis, Aosta Valley dan Piedmont di Itali. Selain itu ada juga variasi lain dari fondue dg mengganti ingredientsnya: dg seafood dan sayuran untuk Hot Pot/Chinese Fondue dan dg daging utk Fondue Bourguignonne.

fondue savoyarde
Cheese fondue cara makannya: tusuk rotinya kemudian celupkan ke larutan keju.... mmmmmhh.
Resep, tinggal klik di sini.

fondue chinoise

Kalo ini foto waktu kita ke Swiss kemarin, kakak ku yg baik tea menyiapkan Chinese fondue (hot pot) dg cumi, salmon, daging udang, ayam. Bon appetit!

7 comments:

Andri Journal said...

Bon appetit artinya selamat makan ya?Seumur gini gak pernah liat yg namanya fondo.Tahunya cuma intip trus dikasih cairan gula merah. :D

Keke Naima said...

ternyata fondue itu ada macem2 ya.. Sy taunya buah yg di celupin ke cairan coklat aja. Sy suka tuh, apalagi kl strawberry buahnya. Kapan nyobain resepnya ah..

Unknown said...

Aiyayaiyaiyaiii....enak nyaaa!
Apalagi kalo tinggal makan! hehee

Ini acara valentine nya kah? :)

Lisa said...

@Andri, intip itu kerak nasi ya ? Dulu juga mamah suka serve ke anak2 tuh.
@Ke2nai, iya itu juga salah satu varian fondue au chocolat namanya.
@Dyah, valentine ??? boro2 gue disuruh bikin martabak. Sebel rambut bau baju bau minyak.

ary said...

nyammmmmm mau dong lis ......

Anonymous said...

kapan2 tak coba resepmu, Lis.. dah lama jg pengen coba cheese fondue, di sini pake cancoillotte.. =:)

Eva

Anonymous said...

wah... gw taunya cuman fondant... hehehe :D