Monday, February 02, 2009

Tour de Sumatera

Yuk lanjut cerita pulang kampungnya, setelah seminggu kemarin akhirnya kita benar2 sakit: Célia, mamanya..... Sebetulnya sih kita ngga terlalu banyak visit2 krn waktu yg kurang memadai dan kita sudah lama ngga ketemu sama sodara2, jadinya banyak ngobrolnya dibanding jalan2.
Kapan? 19-21 Desember 2008

the hills

Nginep di mana? malam pertama di the Hills, bukittinggi Rp 620.000,- utk kamar deluxe (superior yg lbh murah ngga available) dg voucher hotel, malam ke dua di hotel Uda Nas, alias di rumah sodara ;-) krn ngga dapat tempat di Harau Echo homestay. Nyesel ngga nyesel juga, ngga jadi nginep di Harau: nyesel krn tempatnya benar2 breathtaking, ngga nyesel mengingat insiden nyamuk di pulau utk Célia (I think that she needs to stay away from the nature for the time being). The Hills adalah nama baru Novotel Bukittinggi sejak awal 2008. Saya suka dg arsitekturnya yg agak2 oriental. Interiornya bagus, kamarnya sedang lah ngga gede2 amat. Cuma.... ada cumanya, ngga ada sistem isolasi suara. Walhasil, kita semalaman dihibur oleh suara penyanyi di lantai bawah (hotelnya cuma 3 lantai). Dan pagi2 terdengar suara motor digas kenceng2 he he he. Sesuai dg namanya, hotel ini berada di ketinggian, kita bisa lihat Jam Gadang dan Ngarai Sianok. Buffet makan pagi.... uenak dong, pake gule lagi he he he maklum di padang! Kolam renangnya bagus. Lucunya orang2 pada berenang pake baju komplit (jeans + kaos) kelihatannya mrk ngga bawa baju renang. Kalo di perancis kan dilarang berenenang kalo ngga pake baju renang.

lembah anai

Apa saja yg dilihat? Air terjun Lembah Anai, on the way dari Padang ke Bukittinggi, Jam Gadang di Bukittinggi.... klasik lah. Karena kita sampai sudah malam, kita ngga jalan2 di kota Bukittinggi nya.

lembah harau

Lembah Harau di Payakumbuh. Saya dengar daerah ini dari internet. Pemandangannya benar benar menakjubkan. Kita dikelilingi oleh bukit2 batu, sawah, air terjun. Bisa kebayang ngga nginap di home stay ini? Di sana juga ada semacam taman wisata: ada ayunan, kemidi putar, sepeda air. Di kebun binatang2an ada rusa, kelinci, beruang (saya ngga sempat lihat) yg sangat disayangkan dalam keadaan tidak terurus (sama tidak terurusnya dg taman bermain). Kelinci2 malang tersebut kelihatannya belum dikasih makan. Célia dan sepupu2nya sibuk mengasih rumput2an dan air. Kalau mau, kita juga bisa tracking /hiking di beberapa jalur tracking yg menanjak.

singkarak bayur

Danau Singkarak. Kita stop minum kopi di pinggir danau Singkarak dalam perjalanan pulang dari Lembah Harau ke Padang.
Teluk Bayur. Kita cuma stop utk foto2 dari perjalanan pulang Bungus - Padang.

food

Makan apa aja? Gulai, gulai dan gulai he he he. Pernah sutris juga pas diajak ke rumah Sodara di Bungus, eeeeh ngga ada makanan utk Célia. Disediainnya gulai kepala ikan khas Bungus. Akhirnya digorengin telur mata sapi tapi Célianya malah prefer makanin krupuk singkong pedes..... Lucu deh gulai kepala ikannya bener2 kepala doangan. Jadi daging ikannya ngga banyak. 2 kepala ikan yg besar utk 6 orang.... berebutan lah.
Di Harau kita makan krupuk segede bagong (liat foto), gimana ya ngegorengnya supaya ngga patah ? Wajannya super guede kali ya :-)
Jajanan khas SumBar: kripik2an, krupuk2an. Kita selalu mengasosiasikan krupuk sanjay sbg makanan kecil khas SumBar, ternyata (kata sodara gue), krupuk yg benar2 khas itu yg rasanya spt emping (tapi lebih besar dr emping) dan ada cabenya (maaf tidak difoto). Sop buntut juga katanya aselinya dari SumBar (apa sodara gue itu terlalu nasionalis eh regionalis ya ha ha ha).

Kesimpulan: Harus kembali ke Sumatera lagi! dan lebih lama!

11 comments:

dyah said...

Waaaduuuh...bener2 mudik itu namanya yaaa!

Masih punya kampung, enaknya... gue mudik ya ke Jakarta ajah...semua di situ. Paling jauh ya ke Bandung...sama semrawut dan bising nya dg Jakarta sekarang! hehe

Anonymous said...

wah jadi pengen pulang nih...asyik banget liburannya :D

-Yanti Wyant-

Anonymous said...

bagus banget ya tempat wisatanya .. celia udah kena krupuk ya .. hehhe .. untung di sana gak ada krupuk ya kalo gak bisa ketagihan

Anonymous said...

wah,...bener2 breath taking deh,...kapan nyah, bebek bisa ke sana???

Eliza said...

wuih...asyik asyik! gue mah kagak tau kapan bisa jalan2 kayak elo gitu Liz :D

Andri Journal said...

Lho,gak mampir ke Danau Toba to?Aku sekali mampir ke sumatera,tepatnya di Aceh pas tsunami dulu. :D Belum ada rencana ke sana lg soalnya gak punya saudara di pulau itu buat numpang tidur. :D

Keke Naima said...

asik bgt sie pulkamnya. Itu sie bener2 liburan namanya, pemandangannya indah bgt..

momLnB said...

ehehehhe,meja makan yg pernah gw pake di d hills didudukin tuh ma elo sekeluarga,ehehehehehe...makanannya mnrt gw kurang sip deh bu,ya gak sih?tp view-nya bagus...

Anonymous said...

Asli bukittinggi keren abis!!! Thanks banget untuk foto2, cerita2 dan info2nya. Makanannya juga mantep2 yak .. itu pedesnya ngga kira2 ya Liz?

Itu di Ind emang yg jadi aneh adalah mereka yg renang dgn baju renang ehhehe. WAktu thn 2005 gw renang di novotel bogor dgn baju renang one-piece, asli diliatin loh krn orang2 baju renangnya pada ketutup2. Halah.

Anonymous said...

tau ga liz, tiap kali gw liat fot loe, selalu aja muncul keinginan untuk smoothing rambut. hihihih :D

Lisa said...

@Lesca, smoothing makes my life easier: abis keramas ngga perlu diblow lagi.