Thursday, March 05, 2009

Wiken panjang di pegunungan Alpen

savoie fev 2009

25 feb - 2 mar 2009

Transport: TGV Paris-Chambéry 3 jam

Wiken yg sangat panjang ini kita habiskan di tempat mamie&papou (nenek&kakek) nya Célia di Chambéry. Saya dan Célia berangkat duluan hari rabu sore, sementara papanya nyusul jumat malam. Kita beruntung karena udaranya cukup hangat di Savoy. Kita cuma main2 sledding (luge) aja, ngga main ski secara flu n batuk kita kumat lagi. Tempat2 yg kita kunjungi di pegunungan Alpen ini:

  • Col de planpalais (1173m). Col itu semacam puncak kali ya
  • Col de Granier (1134m)
  • dan stasiun ski Margériaz (1000-1900m).

savoie

Sleddingnya papou antik benerrrr, terbuat dari kayu. Katanya dulu dibeli waktu Jean-Marc (kk ipar) masih kecil... berarti sudah hampir 40 tahunan dong! Sledding yg sekarang modelnya kayak mobil2an, ada stir dan remnya dan terbuat dari plastik. Célia seperti biasa, butuh waktu lama utk menyukai sesuatu yg baru. Hari pertama cuma main2 bonhomme de neige (orang2an dari salju), hari kedua mulai lari2an dan tidur2an di salju baru hari ke 3 mau main di atas sledding sama papanya.

food

Enaknya kalo punya ibu mertua yg jago masak .... bisa makan enak terus. Selain makan cheese fondue yg disiapkan oleh papou, kita juga nyobain 2 makanan baru (baru untuk saya): Tête de veau (litterallly artinya kepala sapi) dan La Bouillabaisse (sup ikan).

Tête de veau (calf's head) terdiri dari bagian2 kepala sapi, spt lidah, pipi, kuping, hidung..... Biasanya waktu kita beli di chez le boucher (penjual daging) sudah jadi, bentuknya spt gulungan. Jadi tinggal direbus di dalam kaldu dengan daun prei, wortel. Tête de veau dihidangkan dg saus gribiche yg terdiri dari telur rebus, mustard, olive oil, vinegar, cornichon, herbs, salt, pepper, yg semuanya dihaluskan. Saya hanya bisa memakan setengah saja.... dan hanya bagian tengahnya saja yg notabene adalah lidah sapi. Secara psikologik saya ngga bisa nelan semuanya.... terbayang2 kepala si sapi hiks. Belum lagi teksturnya yg kenyal2. Oh ya tête de veau ini adalah makanan favorit bekas presiden Perancis Jacques Chirac.

La bouillabaisse adalah masakan khas dari selatan perancis, Marseille (daerah mediterania). Semacam sup ikan dengan rasa safran. Biasanya menggunakan paling tidak 4 dari jenis ikan berikut: -Rascasse -White rascasse - fielas (congre) -araignée (vive) - chapon (scorpène) -galinette (rouget grondin) -Saint-Pierre cigale de mer -langouste

Cara penyajiannya sbb: beberapa potong roti atau croûtons yg digosok dg bawang putih, dan diolesi dg saus la rouille (saus mayones dg olive oil, cabai merah dan kuning telur), kemudian ditaburi keju parut (gambar kanan atas). Kemudian disiramlah dg sup ikan dan potongan2 ikan di atasnya. Cara servingnya biasanya kresendo, dari ikan yg rasanya lembut dihidangkan pertama dan diakhiri dg ikan yg rasanya kuat.

Bon appetit!

17 comments:

Andri Journal said...

Liburan lagee..Makan2 lagee..Mbak,yg di Swiss itu bukannya pegunungan Alpen jg to? @.@

irma-mamavian said...

Indahnya!!! Kalo mampir ke blog ini jadi pengen banget ke Prancis lagi ;)

Asyik ya tuh saljunya sampe tebel gitu, sampe bisa bikin orang2an salju!

Makanannya menggugah selera, gambarnya aja udah oke, cara pembuatannya jelas aku ga ngerti ;)

Lisa said...

@Andri, pegunungan Alpen melintasi negara2: perancis, swiss, monaco, itali, jerman... (bentar liat gugel dulu), leichtenstein dan austria. puncak tertinggi = mont blanc yg menyentuh perancis dan itali

Kiky said...

Kezia liat ini makin pengen liat salju,doh...emaknya musti nabung dulu buat ke jepang.ha3x. Itu calf's head,rujak cingurnya di kita kali ya mbak,eh,uni...gw pernah makan sekali walo enak tp geli inget si sapi.ha3x

ke2nai said...

komentar sy, asik bgt liburannya sama ngiri liatnya!! Hehe...

mel said...

wahhhh enak bgt ya yg bis aliburan ke LN..kapan ya aq bisa ke sana???

chubby family said...

Doh, kapan chubbyfamily sampe sana ya... Aciik bgt tuh maen saljunya.. Kirimin dunk saljunya ke indo, xixixi...

Salam kenal dr chubbyfamily... Mampir yuk..

ENDRIYANI said...

Asik bgt ya Seru!!!...kapan ya Saya bisa rasain salju kaya gitu???...hehehehe
Mmmmmm makanannya Yummy bener!!! mertuanya hebat ya masaknya...

Lisa said...

@kiky.... ooooh rujak cingur ya? *blm pernah coba*

lesca said...

aduh liz...,
cerita2 dan foto2 nya selalu aja bikin gw ngiri... huhuhu... :((

seperti biasa, gw paling seneng liat foto salju yg ada nama celianya. kereeeennn... :D

sama makanannya juga ;-)

eliza said...

menyenangkan liburannya Liz. beruntung bener elo dapet mertua yg pinter masak loh ;)

Sucre Maple said...

wahhh asyikk liburannya, Lis.. klu kita maen saljunya di kebun belakang, hehee.. enak dimasakin mertuaaa.. =:)

rumah lina said...

Indah banget euy.... kapan ya bisa kesana.. ngimpi aja deh heheh. Dan makanannya top banget ya mbak, wah kalo aku bisa jadi gemuk abis ada yg masakin enak2

santi d said...

Doh liburan elo asik amat, Lis!! Pemandangan bagus, santai, jauh dari kota ..... dannnnn makanannya bow!!!!

TrueMom said...

Kalo gini mah ga perlu pembantu kali..he..he..jalan2 terus..:-)

mama icel said...

jalan2 ke pegunungan alpen...wiiih keren say...kebayang dinginnya kayak apa tuh...pantes aja ya maemnya kudu ekstra berat biar tetep anget!

si Dyah said...

Duh Lis ...fotonya kereeen! Mbayangi ikannya... Mmmh sedap (skip kepala sapinya juga yaaa).

Oiya, kyknya anak kecil emang gak suka hal yg baru. Anakku juga tuh