Friday, January 25, 2008

Cerita Barcelona

Updated on jan 28, 2008.
Heyyy, I'm updating with more photos in this album. I also found a site which gives a complete explanation of the Sagrada Familia.
H-2 bulan
Ceritanya kan trip ke Barcelona ini adl my bday treat :-). Gue dah ngerencanainnya dari bln nov. Dapet tiket zizijet (Easyjet) murah meriah 150an euro utk bertiga (kalo naik Air France bisa lebih dari 500 euro an) dg jam penerbangan yg reasonable (jam 12.05 dari Paris Orly dan jam 14.20 dari Barcelona). Biasanya tiket murah = jam take off yg aneh2 spt jam 6 pagi ato jam 10 maleman. Utk hotel, akhirnya pilihan gue jatuh ke Hotel Apt Hispanos 7 Suiza. Bener2 good choice n good bargain banget (hi hi hi mikir untung melulu nih si Lisa). A nice 4 star serviced apt with only 100 euro/night BF included. Sebelum dapetin hotel ini, gue sempet ngubek2 internet agak lama. Harga hotel di Barcelona cukup mahal juga utk ukuran kota Eropa. Bisa dibilang semahal hotel di Paris! Sebelumnya gue dapet hotel 3* dg harga 130 euro, terus suatu hari gue ketemu apt Hispanos ini dg diskon 50%. Langsung gue investigate kesan dan pesan org2 yg udah tinggal di sana. Positif semua, ya sudah langsung gue batalin hotel yg 3* itu dan gue booking deh di Hispanos melalui booking.com. Mau share tip nih utk reserve-mereserve hotel: jangan reserve kecepatan atau last minute, 3 minggu sebelumnya is the best time lah. Soalnya harganya berubah2. Wkt bulan nov gue dapetin way too expensive, gue tunggu dulu... cuma ya agak taking risks juga sih, but not recommended to do this in summer (high season). Harga kamar utk hari jumat, lebih mahal dibanding sabtu/wiken. Kalo tiket pesawat sih makin lama, makin bagus harganya.
hispanos 7 suiza
Hari-H (Jumat 18/1)
Jam 10.30 sampe di airport, kita sengaja dateng cepetan krn makan siangnya si Célia itu jam 11.30 an. Eeeh pesawatnya delay 45 menit. Baru pertama kali nih gue naik low cost co. Lucu deh masak tempat duduknya milih sendiri. Krn kita travelling with baby, kita dapet prioritas utk boarding, terus di atas pesawat, kita tinggal pilih deh tempat duduknya sesuai dg keinginan kita. Harga tiketnya ngga termasuk makanan ato minuman, artinya kita hrs bayar ke pramugara/i nya kalo minta minum ato makanan. Penerbangan memakan waktu 1 jam 40 menitan. Begitu sampai kita hrs ke belt utk ngambil strollernya Célia. Sampe barang2 di belt abis, kok belum nongol juga itu stroller! Akhirnya kita laporan ke lost baggage, sial nih. Ya udah abis isi formulir kita langsung ke hotel. Sempet jiper juga kalo sampai stroller nya ga ketemu..... gimana mau jalan2 tanpa stroller??? Dg hati gundah kita meninggalkan airport. Sampai di hotel, what a nice surprise .... ternyata kita dapet junior suite dg 2 kamar dan 2 kamar mandi! Apt nya bersih dan lengkap, ada kitchen, mesin cuci piring, mesin cuci (walaupun gue ngga bakal masak or nyuci piring). Jadi pengen nelfon2 mertua n kakak2 biar join ama kita... hey we have a spare room for you guys! Secara si centil maunya tidur sama kita dong, even ada baby cot. Sore itu jadinya kita cuma jalan2 di sekitar hotel, yg hanya bbrp meter dari the famous Sagrada Familia temple. Makan malam, kita ga keluar, secara ga ada stroller... akhirnya gue kirim hb utk beli KFC (hi hi hi.... jangan bilang2 dr. diet gue ya!). Si centil tidur di kasurnya, terus kita asik makan ayam deh....Oh ya terus kita dapat telf kalo strollernya dah ketemu (horéééé) dan bakal dikirim malam ini. Yg ada mereka dateng jam 9 malam!
Sabtu 19/1
Bangun agak siang (jam 8) terus breakfast di bawah. Oh ya the hotel is named after the Hispano-Suiza luxury cars, merek mobil bintang2 pelem jaman dulu. Di restaurannya ada 4 mobil antik ini yg dipajang. Jam 9.30 an kita udah siap, kita akhirnya ambil bis yg hop on hop off aja, biar santai. Udah itu ada stop-annya ga jauh dari hotel (di Sagrada Familia itu). Keliling deh kita, cuma sayang gue ga bisa foto2 krn kitanya kan dibawah (ngga di deck) jadi cuma bisa liat n dengerin rekaman guidenya aja. Sementara si centil tidur dg tenangnya di singgah sana. Sekitar jam 12 an kita turun di daerah La Rambla (daerah turistiknya Barcelona). Kita makan di teras lt 1 nya Centre d'Art Santa Mònica. Lumayan pemandangan nya bagus ngeliat hectic nya jalan La Rambla. Gue pesen paella (so so) dan hb pesen cod fish... enak bener deh, sambil nungguin makanan dateng, gue nyuapin si centil. Abis itu gue "lepas" di teras supaya dia lari2an. Kasihan juga si centil selama tour ini di stroller mulu, jadi kalo ada kesempatan utk berlari2an, gue usahain spy dia bisa lari2an. Enaknya sih dia ngga pegel2... ortunya yg pegel ngukurin jalan.
resto
Abis itu kita ke port Vell. Dah itu nyambung naik hop on bus lagi ngambil jalur biru ke daerah pantai. Kita turun di Port Olímpic, terus jalan2 sampai ke pantai Platja Nova Icaria. Gila aja suhu udaranya 20°C saja, di pantai org2 pada telanjang dada main volley beach (gue ngebayangin yg di eropa utara an bisa 10°C an bedanya hi hi hi). Tadinya gue nyesel juga ke Barcelonanya winter begini. Secara ada pantainya, kan enakan kalo pas summer bisa berenang2. Cuma kata org kalo summer itu org pada ngejublek.... pasti hectic banget jalanan. Ini aja udah rame, ngga ngebayang gue kalo summer! Di pantai ini, byk restoran seafood berjejer2... kayaknya enak2 semua deh.Terus kita lanjut naik bis lagi ke Gothic quarter (kota tua). Mulai deh kita ngukur jalan mulai dari Plaça Nova, muter2in kota lama yg jalannya sempit banget dan bau pipis hiiii. Dah itu kita ngaso di Plaça Reial di restaurant Cerveceria Canarias (good one) sambil ngasih goûternya Célia. Kita pesen tapas.... mmmmh cocok nih makanan spanyol buat org indo, cumi isi, cumi goreng, anchovy, crabe goreng, green pepper.... tinggal sambelnya nih yg kurang :-). Harga sepiring kecil tapas berkisar 3 - 6 euroan. Yg paling mahal gambas, bisa 14 euroan. Abis itu udah gelap, kita pulang. Malemnya krn cape, abis ngasih makan dan mandiin Célia di apt, kita makan di restaurant bawah aja sambil diiringi permainan piano. Ngga tiap hari deh ke sini, bisa bangkrut :-)
beach
Minggu 20/1
Bangun agak pagian (jam 7). Breakfast, terus jam 9an udah siap utk mengexplore kota lagi. Hari ini kita ga naik hop on bus, tapi beli tiket metro 10 biji aja (T10). Kita ke daerah Montjuïc, utk ngeliat Barcelona dari ketinggian. Ke musium MNAC (tapi ga masuk) terus jalan2 di sekitar Plaça Espanya. Abis itu kita ke Gothic quarter lagi spy gampang nyari resto. Kita makan tapas di Taverne del Bisbe deket plaça Nova (gue recommend!).
gothic
Abis itu ke daerah La Ribera (ngga jauh dari Gothic quarter) utk jalan2 di daerah musium2. Terus nyambung ke taman Ciutadella, rame juga tamannya. Ada penyewaan sepeda keluarga. Jalan sampai Arc de triomph, utk ngambil metro ke daerah Plaça Catalunya. Di sini kita jalan kaki sepanjang avenue Passeig de gracia ngeliat2 gedung modernisme: Casa Battlo, Casa Milla La Pedrera, terus muter balik di jalan La Rambla de Catalunya. Kedua jalan ini penuh dg butik2 dan apt2 style modernisme.
modernisme
Ngopi di cafe zurich di Plaça Catalunya sambil ngasih goûter utk Célia. Mendekati jam 6 sorean, kita balik ke apt. Seperti biasa, kasih ceuceu makan, terus mandiin, terus keluar lagi, gantian skg giliran ortunya yg makan.Walaupun lokasi apt deket Sagrada Familia, which is a touristic area, ternyata tidak gampang utk menemukan restauran yg enak. Daerahnya ngga serame La rambla / Passeig de gracia yg notabene penuh dg restauran. Ada sih KFC, Mc Do, tapi kita kan pingin restauran lokal. Akhirnya kita makan tapas di Picasso restaurant di depan Sagrada Familia ... eeeuuuh not recommended banget deh rasanya ngga original. Kasihan juga si ceuceu kita seret2 ke resto malem2. Sebelum pergi, gue pake-in pyjama, jaket + celana panjang. Jadi pas sampe apt, tinggal buka jaket n celana sehingga ngga "ngeganggu" dia banget. Begitulah travelling dg bayi hrs take you time, well prepared utk jam2 makannya dan tidurnya. Try to follow her rhytme lah.
Senin 21/1 Last day.... and my b'day :-)
Kita sengaja ke Sagrada Familia nya hari terakhir, secara kita ngga punya wkt banyak dan jam 12 hrs sudah menuju ke airport. SF itu ternyata un vrai chantier alias masih under construction. Liat deh di dalemnya byk tukang yg lagi kerja, ada forklift, ada mesin pengolah semen, ada macem2 deh. Di luarnya masih ada bbrp cranes. Menurut informasi, gereja/temple ini baru bakal selesai thn 2020! Pembangunannya sudah dilaksanakan sejak thn 1882! Gue demen banget sama master piece Gaudi ini. Benar2 unik, arsitekturnya terinspirasi oleh alam, buah dan binatang. Menaranya langsing2, warna2 nya berani, disekeliling bangunannya penuh dg simbol2: ada gecko, ular, angka2. Kita naik lift di tower baru, sampai di atas, gue sempet gemeteran krn tempatnya kecil banget, kita berdesak2 selama visit. Udah mana hb hrs gendong Célia krn ga bisa bawa stroller. Ngga lama2 langsung turun deh. Dah itu ke musiumnya dan liat2 sculpture2 dari luar. Ngga habis2nya gue cekrek sana cekrek sini.... duh gue demen banget deh. Nyesel juga kita ngga sempet ke Park Güell, ini juga karya nya Gaudi. Kita juga ngga ke palau Güell (palace) krn lagi direnovasi. Next time deh ya.... I really love it Barcelone, you have the architecture, the nice weather, the sea, the mountain, good food... what else would you ask? Mmmmh kantor gue punya cabang ngga ya di sini :-) ?
sagrada familia
Jam 12 check out, jam 12.15 taxi dah nunggu diluar. Kali ini pesawatnya ngga delay. Di pesawat kaptennya announced the weather in Paris is 10°C hiiiii. Sampe rumah... biasa cuci2 lagi, sementara hb belanja ke super market. We really had a great time in Barcelona.

17 comments:

Destri Andorf said...

Hahahah kaya naek air asia... milih tempat sendiri.. makanan pun harus bayar.. :D hahaha kaya naek mikrolet :D.

Wah kamu enak banget sih jalan2 muluuu... carissa belom kemana mana neh :(.

A. Ann said...

Celia rewel ga kalo jalan-jalan gitu? Aku dah ketergantungan nih ama babysitter. kl jalan-jalan tanpa babysitter, aduhhh gubrak. Apa sih tipsnya?

TrueMom said...

Lis.. kayaknya cukup nich buat ticket pesawat ke Barcelona kita berempat (me&gank) n accomodation, tapi ke Paris-nya masih bingung..he..he...

You're so lucky to see the world..Im happy for you Lis..and also Regis and Celia...Big Hugs and Kisses

salma said...

Kuil & bangunan karya Gaudi emang mengagumkan!!!, kek bengunan/kerajaan di cerita² anak-anak.

Happy belated b`day ya Lisa... yg keberapa nih?

fisgz said...

alow li, sure you had a blast barcelona hols...

tempatnya historical banget yah, btw luv your sunglasses...

Andrei B. said...

one day I will be there! doakan y Mbak :D, Sigh! saw ur pic turn on my passion to travel :D

Anonymous said...

happy belated birthday Lis (telat bangeeet...)
itu airline yang lo pake kayak southwest di sini. milih seat sendiri. tapi snack n minuman gratis.

Celia udah banyak travelling ya ? Asik euy.. rewel gak di jalan ?

Unknown said...

whheeww banyak gaudi na,....asyikkk
mesti dicatet nihhhh kali-kali aja nti bebek kesampean ke barcelona jugah :)

MCS said...

buset 20°C, gileeee asik bener yaakk..dah gw catet nama hotelnya nih,sapa tauuu ..eh ga refot jg ya bawa celia, aduh klo gw udah trauma duluan mikir di planenya, C ga betahan anaknya, huhuhu..

MaMahoney said...

waaaaahhh asiiik bgt jln2nya Lis, doooooh kpn yaaa diriku bs keliling eropa... hotelnya bagus yah.. bagi dong itu paella-nya hihi

MaMahoney said...

owiya hepi belated bday moga sehat dan sukses yaaa

Sucre Maple said...

1st : Happy belated bday ya, lis ! semoga panjang umur & sehat2 aja ! God bless always ! =:)

2nd : Asyik bgt jjsnya.. dr dulu dah kepengen ke barcelone, semenjak liat film serial meteor garden, wakaka.. thanx for sharing ! =;) btw, buku yg dipegang celia itu, michelin ya ?

Riana Ambarsari said...

beautiful, beautiful!!
Oooh, I envy you..!!

ary said...

wah, asik juga tuh dapet harga bagus lis. Jadi pengen ke sana lagi kita, hhehe Sek gesek, ayo digesek terus kartunya ..

Unknown said...

o dear, itu dari Paris ke Barcelona, bener bertiga cuman 150 euro each atau buat bertiganya? gue rada bolot nih.

Raquel Brenda said...

wah seru bgt Lis liburannya.. aniwei happy belated b'day ya..
fotonya seru2.. pengen..he3x...

oia loe dah balik lagi badannya Lis.. senangnya.. sedangkan gw agak2 naik nih..hik3x..

Si Celia, enjoy dong jalan..?
Vanya kapan2 diajak ya..

Anonymous said...

wah keren2 abis buildingnya! arsitekturnya itu loh... pengen kesana!!