Sunday, October 05, 2008

Parc de Thoiry

Setelah pergi ke peternakan Choisy-le-Roi, sudah saatnya kita membawa Célia ke kebun binatang untuk memperkaya kosa binatangnya (ini ciptaan saya ya). Jadilah seminggu lalu yg cerah kita pergi ke kebun binatang Thoiry yg terletak 40 km di barat paris.

Parc de Thoiry ini terdiri dari 4 sektor:
- reserve africaine yg modelnya spt taman safari, dimana kita menyusuri jalur sepanjang 8 km di dalam mobil untuk mengawasi hewan2 yg berkeliaran dg bebas.
- kebun binatang dan peternakan mini, di sini anak2 bisa berinteraksi dg hewan peternakan.
- taman2: ada taman labirin, taman main anak2 dan kebun musim semi, kebun gaya inggris dan kebun botanik.
- kastil Thoiry, tempat kediaman pemilik Parc Thoiry, Le Comte de la Panouse yg lantai bawahnya dibuka untuk umum.

thoiry

Kunjungan kita mulai dg taman safari reserve africaine, satu2nya di perancis. Kalo menurut saya sih, taman safari yg cisarua jauh lebih bagus, lebih besar dan lebih banyak variasi hewannya. Kita sempet ngantri setengah jam-an cuma untuk ngeliat singa 4 ekor huuuu. Udah mana kaca mobil kotor lagi, jadi foto2nya kurang mantep deh. Ternyata byk juga pengunjung yg kurang disiplin, buka2 kaca, keluar mobil ngambil barang di bagasi (biar cuma sebentar). Ada bbrp binatang yg lewat depan mobil kita, salah satunya beruang.... pake acara ngeliat kita eye to eye lagi (liat foto), terus lewat di samping. Célia paling senang sama kuda nil.... ngga henti2 nya dia dadahin, "dadah potam dadah potam" (hippopotame).

komodo à thoiry

Setelah acara safari selesai kita parkir dan jalan menuju ke sektor kebun binatang, taman dan kastil. Binatangnya berada di kandang yg dipasangi kaca. Sehingga kita bisa melihat dari dekat sekali. Célia bahkan sempet berada 1 m dari seekor kera besar. Hi hi hi sempet takut juga itu anak. Kalo saya demennya sama serval (liat foto), ngegemesin banget kucing tutul2 yg satu ini. Eh ternyata ada saudara setanah air .... komodo dari flores. Bangga juga ada perwakilan dari endonesya.
Kemudian kita ke peternakan mini, tapi kita cuma di luar kandang aja krn suami lg males kotor2 hi hi hi. Sementara si ceuceu tidur siang di strollernya, kita menyusuri padang rumput yg luas menuju ke kastil dan kebun musim semi (jardin d'automne).

thoiry2

Tidak seperti kebun binatang yg penuh dg pengunjung dan kadang2 hrs berdesak2 ketika gang nya sempit, di kebun ini sepi pengunjung. Cuma ada bbrp keluarga yg berpiknik termasuk kita yg menggelar tiker sambil ngasih makan sore utk Célia. Kunjungan hari ini berakhir dg main lari2an dan main bola di kebun di samping kastil. Pulang dg bekal capek dan kaki pegal2 tapi hati senang :-).

7 comments:

Anonymous said...

heheh ternyata, pengunjung disana sama kaya di taman safari, suka buka² kaca..asik bgt sih lis cuacanya msh enak aja, sini udah seminggu lbh ujan angin, beteee

MC

Andri said...

Mbak,Perancis itu isinya apa tempat wisata semua to?Kok kayaknya piknik gak ada habisnya..hehe..

Kemarin pas lebaran aku dapet SMS dari temenku:"Avec tout I'esperer et gagner..Bienvenue le meilleure jour pour nous..Bon fete
1syawal1429H..Excuse moi pour tout de mes fautes..."

Itu bahasa Perancis bukan?Artinya apa ya mbak?

Febrie said...

kebon binatangnya bagus ya ..

Lisa said...

@Andri, saya jawab via email ya ... panjang

ke2nai said...

yang di kastil itu keren ya mom?

tentangkami said...

Seru yah Lis, kebun binatangnya juga bagus.
Kalau ragunan, udah bukan banyak binatang lagi, tapi manusia :D

btw, maaf lahir bathin juga yah.

Irma-MamaVian said...

Ternyata ada kebun binatang yang lumayan keren (kan katanya ga sebagus taman safari di Cisarua). Tahun lalu kita ke kebun binatang yang ada di Paris, tapi kecewa beratz, binatangnya dikit banget...

Kalo yang Celia datangin ini sih termasuk keren, ada Chateaunya juga...