Friday, January 16, 2009

Sikuai Oh Sikuai

Seminggu sudah kami lewatkan di jakarta, tiba saatnya untuk our family gateway. Setelah bimbang antara Bunaken dan Sikuai (resort dekat padang), dengan alasan budget, akhirnya kami (baca saya) putuskan untuk ke Sikuai (14-19 desember 2008). Padahal saya sudah transfer uang untuk reservasi ke Onong resort Siladen (masih di kepulauan Bunaken) dan sudah "menyusahkan" my dear Nuke untuk reservasi pesawat. Untung si orang Itali yg mengelola Onong mengembalikan transferan saya tanpa dipotong sedikit pun juga (seharusnya ada 30% cancelation fee). Untuk mempersingkat cerita, berikut ini kesan dan pesan saya ttg Sikuai, pulau kecil di pesisir padang.

Sikuai bisa dijangkau dg perahu selama 45 menit dari pelabuhan bahari muara. Sewa kamar/cottage: Rp.800.000,- termasuk makan pagi doang dan transfer ke dan dari pulau. Pulaunya cantik, pantainya cantik, pemandangan pulau2 kecil yg mengelilingi Sikuai benar2 menakjubkan, cuma sayangnya kebersihan Sikuai perlu ditingkatkan. Di pantai/laut sering kita temukan bungkus permen dan botol2 minuman. Padahal setiap pagi, berpuluh2 orang sibuk membersihkan pantai. Inilah para pengunjungnya kurang disiplin, kok pantai dijadikan tong sampah.

Kondisi kamar pun perlu diberi lifting. Bak cuci tangan berlumut, dudukan toilet.... ngga perlu diceritakan deh. Sayang sungguh disayang, padahal resort ini diinaugurasi thn 1996, belum terlalu tua lah.

Kolam renang, penuh dengan serangga mati (pantas Célia cuma mau berenang pada hari pertama, hari2 berikutnya dia ogah berenang)

Ada track untuk mengelilingi pulau, namun di beberapa tempat ada timbunan sampah.

Listrik mati dari jam 10 pagi sampai jam 5 sore. Hari pertama dan kedua, kita tidur siang seperti di sauna. Saya sibuk me-lap keringat Célia sambil mengipas2innya.

Banyak nyamuk (kalo ini sih memang dari alamnya ya), lihat nih si kecil ku dijadikan santapan tiap malam dan pagi para nyamuk2, biarpun sudah dikasih krim anti nyamuk.

Harga makanan cukup mahal (sebetulnya normal aja, namanya juga di pulau), jadinya menurut saya harga cottage yg 800 ribu tanpa makan siang + malam menjadi is not a good quality/price mengingat kondisi kebersihan pantai/kamar/kolam renang. Contoh, harga ikan Rp 20.000,-/ons. Jadi sehari itu, pengeluaran kita utk makan mencapai +/- Rp. 500.000,-.

Harga diving Rp. 2 juta / dive.... ke laut aja deh!

Kadang2 kita merasa pathetic juga secara dari 5 malam kita di situ (dari minggu ke jumat), kadang2 kita adalah satu2 nya customer di restoran/pulau. Suka jengah juga mengingat kita cuma ber 3 sementara pegawainya berpuluh2 di pulau itu. Tapi setelah ngobrol2 dg pegawai sana, mereka bilang pada waktu lebaran, akhir tahun dan wiken, reservasi pulau cukup penuh. Alhamdulillah deh, sebetulnya saya hrs bersukur krn berasa pulau milik sendiri kan ?

Kok kesannya liburannya ngga menyenangkan ya he he he. Ada juga sih moment2 yg menyenangkan: melihat Célia main air di kolam renang dg papanya, hunting kerang2 an, main2 di pasir, jalan2 keliling pulau, tidur siang di bawah pohon (di hari ke 3 baru otak saya jalan, dari pada tidur siang aka sauna di kamar, lebih baik tidur sambil di hembus sepoi2 air laut kan ?), menikmati pemandang pulau sikuai nan cantik, rileks, istirahat dan yg terpenting spending a quality time with the 3 of us.

Bye bye Sikuai.

Sikuai1

Sukuai3 Sikuai4 Sikuai2

Update:

Saya mau "belain" sedikit pulau Sikuai, silakan lihat blog ini dan video ini.

17 comments:

Anonymous said...

liz, welkambek, cakep amat itu pulau, tp mahal yaaak..baru denger gw pulau sikaui,gmn celia kaget sama cuaca ga pas balik?kan salju'an tuh mgg lalu..tengkyuh krm'annya ya, mpe kaget gw..kita gi pd malade disini bo, dah seminggu'an..hix hix

MC

Anonymous said...

foto2nya mah keren2 ya liz.... aku paling suka poto pasir yang ada tulisan nama celianya... ;-)

tapi sedih banget baca review tentang hotel dan service nya. kalo gitu mana bisa laku ya? :(

Andri Journal said...

Wah,nyamuknya mesti seneng banget tuh.Jarang2 bisa ngisep darah Perancis. :D Iya lho mbak,pantai2 di Indonesia (yg pernah kukunjungi) rata2 kebersihannya jg kurang.Tp di Balikpapan kemarin pantainya lumayan tidak kotor kok. :) Diving kok nyampe 2 juta ya?Mending nyewa kapal selam aja sekalian. :D

Emma said...

mama ben:
wowwwwwwwwwwwwwwww
jelas ini lebih cantik lah lizzzzzzzz
luas banget pantainya ya.....
ih asiknya.....................
foto2nya bagus2......
duh kapan bisa kesitu ya....ngayalllll

Anonymous said...

duh pulaunya bagus banget .. iya tp mahal banget .. resiko kali kalo di pulau terpencil gitu seerba mahal ..

Anonymous said...

salam siang, mohon dukungannya untuk Taman Baca.

Anonymous said...

Lis, thanks atas reviewnya ... buat check-list nih kalau lagi mo liburan di Ind. Celia keliatan seneng bener itu di foto2nya .. biarpun kakinya jadi santapan empuk nyamuk hehe.

Anonymous said...

Baca ceritanya langsung ga terlalu tertarik untuk mendatangiSikuai hehehe, tapi begitu liat fotonya kok keren banget ya... dan keliatannya bersih ;)

Aduh itu badan Celia banyak banget bentol2nya...

momLnB said...

OMG!!!Celiaku cayang kamu jadi santapan nyamuk..sadis nyamuknya yaw??Btw,baru tau gw kl nginep di tu pulau mahal benong..tp mang bgs sih pantainya..

Keke Naima said...

cantik bgt ya pantainya. Kl cuma liat fotonya kayaknya gak nyangka kalo ada cerita mengecewakannya ya..

Sekolah Pramugari INTERSKY said...

Siang, Salam Kenal... :) Boleh Tukeran Link..?

Unknown said...

O o oooo....itu bentol nyamuk di kaki Celiaaa....kesian deh! Pasti lama hilangnya ya.

Diinget2 yg manis2 nya aja deh liburannya...hehehe. MEmang spt itu biasanya problom tempat wisata di tananh air, msh kurang dari segi pemeliharaan...dan pelayanan. Belum berpikir ala 'pengusaha jasa pariwisata' sih yaaa

Sucre Maple said...

trus terang aja lis, klu di indo paling malez jalan2 ke pulau2 kecil spt itu, pikirannya ada aja, ya spt yg km ceritakan itu.. lagipula kesadaran org indo itu masih rendah, pantai begitu cantik, kok dijadiin tong sampah ya...

btw, kacihan si ceuceu disikat sama mr.nyamuk.. =:O

Nadhira Malena Gunawan said...

Kasian Celia jada santapan nyamuk. Pulaunya bagus sih ya tapi kalo servicenya gitu sih makasi d. Waks, perahu buat transfernya kecil amat, sumpah seureum.

Anonymous said...

Mantep banget niy liburannya...:) ke bukittinggi juga kah?

Anonymous said...

Mantep banget niy liburannya...:) ke bukittinggi juga kah?

Anonymous said...

Itu tadi gue, kepencet mahap